Wabup Garut: Pembangunan Karakter Program Kerja Utama, Dilantik Kwarcab Gerakan Pramuka

Kabar Garut – Dengan standar protokol kesehatan, secara resmi Ketua Kwartir Daerah (Ka Kwarda) Gerakan Pramuka Provinsi Jawa Barat, Hj Ataliya Praratya S IP MI Kom, melantik Ketua Majelis Pembimbing Cabang (Ka Mabicab) dan Ketua Kwartir Cabang (Ka Kwarcab) serta Lembaga Pemeriksa Keuangan (LPK) Gerakan Pramuka Kabupaten Garut, di SOR Ciateul, Tarogong Kidul, pada Jum’at (19/02/2021).

Usai pelantikan dan pengukuhan, Ketua Mabicab Gerakan Pramuka Kabupaten Garut, H Rudy Gunawan, dalam sambutannya mengatakan, bahwa momentum kegiatan pelantikan tersebut sangatlah penting, kendati masih dalam masa pandemi Covid-19, dan juga komitmen bersama untuk membangun generasi muda yang gemilang dimasa mendatang.

Rudy juga menyampaikan selamat datang dan ucapan terimakasih kepada Kak Ataliya Praratya selaku ketua Kwarda Gerakan Pramuka Provinsi Jawa Barat, yang telah melantik jajaran pengurus Gerakan Pramuka Kabupaten Garut. Rudy menginginkan, pengurus Kwarcab Gerakan Pramuka yang baru dilantik dan akan bertugas lima tahun kedepan dan bisa menjadi bagian dan solusi dalam penyelesaian masalah di Kabupaten Garut dimasa sulit saat ini.

“Karena Pramuka ini banyak akalnya, mempunyai komitmen Dasa Dharma dan seseorang yang mempunyai jiwa patriot, ksatria, menolong sesama dan mencintai alam dan bertaqwa kepada Allah SWT,” papar Rudy.

Selaku Ka Mabicab, Rudy juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada Kak Bajuri dan jajaran lainnya, yang telah membangun Gerakan Pramuka dimasa sebelumnya selama sepuluh tahun dan pengurus yang baru meneruskan preatasi dan apa-apa yang telah ditorehkan Kak Bajuri dan jajarannya.

“Selamat bertugas kepada Kak Helmi Budiman dan kawan-kawan, untuk menggerakkan Pramuka di Kabupaten Garut yang sangat dinantikan oleh generasi muda kita. Karena tadi pengurusnya sudah lengkap mulai dari tingkat SLTA sampai dengan PAUD, dan ini merupakan gerakan yang sangat besar,”

Rudy berharap, pengurus bisa menjiwai Undang Undang nomor 12 tahun 2010 tentang Kepramukaan, menjiwai Dasa Dharma, terutama dalam masa pandemi ini, bagaimana kecintaan pramuka terhadap pertolongan sesama manusia, apalagi pada masa bencana sekarang ini, pramuka selalu hadir ditengah-tengah masyarakat.

Baca Juga :   Menjelang Ramadhan, Pemda Garut Memastikan Harga dan Ketersediaan Sembako Aman

“Kami yakin dibawah Kak Helmi Budiman, Gerakan Pramuka Kabupaten Garut ditambah dorongan senior dari pengurus sebelumnya, insya Allah akan mendapatkan porsi dihati masyarakat Kabupaten Garut terutama generasi muda,”

Dihadapan Ketua Kwarda Jawa Barat, Rudy juga menyampaikan bahwa dari beberapa tahun kebelakang, di Kabupaten Garut setiap tanggal 14 dalam setiap bulannya dan hari Sabtu, menggunakan seragam Pramuka.

“Tentu ini mohon juga kepada Kak Ataliya, untuk penguatan dari bapak Gubernur Jawa Barat, sebagaimana tadi disampaikan oleh Kak Ataliya, baik sekali apa yang akan dilakukan oleh bapak Gubernur, yakni penguatan Gerakan Pramuka Provinsi Jawa Barat. Mohon arahan dan bimbingan dari Kak Ataliya, untuk Gerakan Pramuka di Kabupaten Garut,”

Sementara, Ketua Kwarcab Kabupaten Garut, dr Helmi Budiman, usai acara pelantikan mengatakan, akan running secara estafet melakukan konsolidasi dan rapat kerja internal bagimana dalam penyusunan program.

“Setelah dilantik ini kita langsung running dengan tugas besar kita yakni ikut serta dalam membangun karakter bangsa, menyiapkan generasi muda untuk masa depan yang lebih cerah,” tutur Helmi.

Yang keduanya, lanjut Helmi, bagaimana membangun kapasitas pramuka itu sendiri dan ketiganya bagaimana pramuka turut serta dalam membangun Kabupaten Garut melalui fungsi-fungsi, berkolaborasi dengan pemerintah daerah termasuk dalam hal penanggulangan bencana.

Untuk masalah kesekretariatan Kwarcab Garut, Helmi menyebutkan bahwa sudah ada dan sudah dikomunikasikan dengan Ketua Kwarda dan Mabida Jawa Barat termasuk Ketua Mabicab Garut. Baik Kwarda dan Mabida maupun Mabicab, akan membantu masalah pengadaan kesekretariatan Kwarcab Gerakan Pramuka Kabupaten Garut.

Artikel ini dimuat juga pada hariangarutnews.com dengan judul “Dilantik Kwarcab Gerakan Pramuka, dr Helmi Budiman : Pembangunan Karakter Program Kerja Utama”

Editor : Kabar Garut

Bagikan :

Next Post

Gelar Sosialisasi Vaksinasi Covid-19, Pemerintah Kecamatan Bayongbong Garut

Sen Feb 22 , 2021
Kabar Garut – Pemerintah Kecamatan Bayongbong, Kabupaten Garut terus berupaya dalam penanggulangan Covid-19, salah satunya yaitu dengan mendorong dan mensukseskan program vaksinasi covid-19 bagi seluruh lapisan masyarakat di wilayah administratif Bayongbong. Sebelum program vaksinasi ini dilakukan, Pemerintah Kecamatan Bayongbong mengundang seluruh unsur Forkopimcam, Kepala UPT dan UPTD serta seluruh Kepala […]
error: Content is protected !!