Vaksinasi COVID-19 di Pendopo Digelar Seminggu 2 Kali, Bupati Garut Ingin Habiskan 24 Ribu Vaksin Akhir Bulan Ini

kabargarut.com – Tingkat vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Garut masih rendah. Dari target 1,8 juta warga, vaksinasi baru dilakukan kurang dari 100 ribu orang.

Untuk meingkatkan angka partisipasi, Pemkab Garut akan melakukan vaksinasi massal. Lokasi vaksinasi massal akan dilakukan di Pendopo Garut.

Bupati Garut, Rudy Gunawan mengatakan, vaksinasi massal itu akan dilakukan seminggu dua kali. Yakni di hari Selasa dan Sabtu.

“Saya mengambil kebijakan selaku Ketua Satgas bahwa setiap hari Selasa dan setiap hari Sabtu itu di Pendopo akan dibuka untuk vaksinasi,” ujar Rudy usai rapat penanganan Covid-19 di Command Center Garut, Rabu, 16 Juni 2021.

Rudy meminta Dinas Kesehatan Garut segera mengambil langkah untuk melakukan vaksinasi massal.

Dari data yang didapatkannya, Rudy menyebut angka vaksinasi di beberapa Puskesmas yang ada di Garut masih sangat rendah.

Ia menyebutkan bahwa angka vaksinasi di beberapa Puskesmas yang ada di Kabupaten Garut angkanya masih sangat rendah.

Berdasarkan data dari Dinkes Kabupaten Garut, total komulatif warga Garut yang telah divaksin sebanyak 88.540 (dosis pertama) dan 53.187 (dosis kedua).

“Jadi kalau hari Senin atau hari Selasa dan hari Sabtu itu ada petugasnya di Pendopo berarti orang itu bisa datang ke Pendopo. Soalnya tingkat vaksinasi masih rendah sekali,” ucapnya.

Baca Juga :   Pemerintah Desa Samida Selaawi Garut Gelar Pelatihan Menjahit Masker, Gandeng BLK Bandung

Rudy juga cukup kecewa dengan angka vaksinasi untuk lansia yang belum mencapai seribu orang. Sedangkan target vaksinasi untuk lansia di Garut mencapai 30 ribu orang.

“Jadi dihitung saya, angkanya untuk lansia itu hampir daripada 30 ribu. Ini baru (divaksin) belum sampai seribu orang, dari 30 ribu,” kata Rudy.

Selain melakukan vaksinasi massal di Pendopo Garut, pihaknya juga akan memanfaatkan kantor-kantor kecamatan sebagai tempat vaksinasi massal.

“Nah nanti kita lakukan disetiap hari apa kita akan tentukan di semua kecamatan itu dilakukan (vaksinasi) di kantor kecamatan,” ujarnya.

“Jangan ada di Puskesmas, di semua kantor kecamatan pokoknya setiap hari Rabu itu kantor kecamatan buka aja untuk pelaksanaan vaksinasi massal, nah tinggal bagaimana mengaturnya ini yang harus diperhatikan apakah dengan online dulu daftar atau on the spot,” lanjutnya.

Vaksin Covid-19 yang belum disuntikkan di Kabupaten Garut dengan jumlah 24 ribu dan tersebar di semua Puskesmas, diusahakan untuk habis pada akhir bulan Juni ini.

“24 ribu (vaksin) saya ingin habis sampai di akhir bulan ini. Kalau diakhir bulan ini cuman 2 ribu sehari kan dengan gotong royong seperti ini.” pungkasnya.

***

Artikel ini telah tayang di :
https://jurnalgarut.pikiran-rakyat.com/berita-garut/pr-332065142/seminggu-2-kali-pemkab-garut-adakan-vaksinasi-massal-di-pendopo

Bagikan :

Next Post

Gerak Cepat Kapolres Baru Garut: Tidak Ada Premanisme di Garut!

Jum Jun 18 , 2021
kabargarut.com, Garut – Nahkoda Kepala Kepolisian (Kapolres) Garut, Jawa Barat, resmi berganti dari AKBP Adi Benny Cahyono ke AKBP Wirdhanto Hadicaksono. Tugas pertama peraih Adhi Makayasa 2003 itu, bertekad membersihkan praktik premanisme di kampung para ‘preman pensiun’ sesuai intruksi Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo. Menurut Wirdhanto, persoalan ketertiban dan […]
error: Content is protected !!