Untuk menanggulangi penyebaran Covid-19, Pemkab Garut Efisiensi Anggaran Kegiatan untuk Penanganan Covid-19

Kabar Garut – Untuk menanggulangi penyebaran Covid-19, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Garut, Jawa Barat mengalokasikan anggaran hingga Rp1,7 triliun pada tahun ini.

Sekretaris Daerah Pemkab Garut Nurdin Yana di Garut, mengatakan, sesuai dengan instruksi Kementerian Keuangan, dalam pengelolaan dana alokasi umum yang akan digunakan, pemerintah daerah wajib mengalokasikan anggaran untuk penanganan Covid-19.

Khusus Garut, alokasi dana penanganan Covid-19 tahun ini, lebih diarahkan untuk penanggulangan Covid-19 terutama yang berkaitan dengan vaksinasi Covid-19.

“Sebagian besar dana tahun ini 2021 untuk koordinasi dan pelaksanaan vaksinasi,” ujarnya beberapa waktu lalu.

Nurdin mengatakan, untuk melaksanakan instruksi tersebut, Pemda Garut terpaksa mengalihkan sejumlah anggaran kegiatan yang berada di masing-masing satuan kerja perangkat daerah (SKPD).

“Soal teknisnya untuk masalah anggaran ini nanti akan kita komunikasikan dengan dewan,” ujar Sekda Garut yang baru dilantik Senin (1/2/2021) lalu tersebut.

Selain alokasi penanganan Covid-19 sebesar Rp1,7 triliun, sebelumnya Pemerintah Daerah (Pemda) Garut, Jawa Barat telah mengalokasikan anggaran Belanja Tak Terduga (BTT) penanggulangan bencana sosial Covid-19, serta antisipasi bencana alam di Kabupaten Garut tahun ini hingga Rp 75 miliar.

Baca Juga :   Besok Launching Vaksin Covid-19, Kalau Pemeriksaan Oke Saya Awal Disuntik, Ungkap Bupati Garut

Bupati Garut Rudy Gunawan mengatakan, alokasi anggaran Rp75 miliar BTT tahun ini, sebagai bentuk tindak lanjut instruksi Presiden. Rencananya, anggaran sebesar itu dialokasikan untuk penanganan kesehatan dan penanggulangan pandemi Covid-19.

Kemudian, operasional rumah sakit darurat Covid-19, serta perawatan pasien dan kasus Covid-19. “Termasuk biaya tracking, tracing, dan testing, serta alokasi untuk penyuntikan vaksin Covid-19,” ujarnya.

Sebagai daerah rawan bencana di Jawa Barat, alokasi anggaran BTT sangat berarti sebagai persiapan saat bencana datang. Selain itu, alokasi anggaran BTT tahun ini, sesuai instruksi Presiden terkait penanggulangan bencana sosial akibat Covid-19.

Selain itu, BTT tahun ini diarahkan untuk percepatan pemulihan ekonomi dan perlindungan sosial masyarakat sebagai dampak pandemi Covid-19, serta upaya antisipasi kerawanan bencana alam, dan keperluan mendesak yang dimungkinkan dapat terjadi dalam penyelenggaraan pemerintahan pada 2021.

Artikel ini dimuat juga pada www.liputan6.com dengan judul ” Pemkab Garut Efisiensi Anggaran Kegiatan untuk Penanganan Covid-19

Editor : Kabar Garut

Bagikan :

Next Post

Warga Pelanggar Prokes Langsung Kena Sanksi, Kembali Gencar Operasi Yustisi

Kam Feb 4 , 2021
Kabar Garut – Masih merebaknya wabah virus Covid-19 di Kabupaten Garut. Jajaran Kepolisian Resor (Polres) Garut bersama TNI dan Satpol PP, yang tergabung dalam Satgas Covid-19 gencar kembali lakukan penegakan disiplin protokol kesehatan (prokes). Hal tersebut seperti nampak dilakukan Satgas Covid-19 Kecamatan Pameungpeuk pada Rabu (03/02/2021) di Pasar Pameungpeuk, Jalan […]
error: Content is protected !!