Tim Ahli Cek Guru yang Diviralkan Lumpuh Usai Vaksinasi di Garut

oleh

Kabar Garut – Seorang ibu asal Garut berinisial EK (42) diviralkan lumpuh setelah menjalani vaksinasi COVID-19. Dinkes Garut memastikan EK bukan lumpuh karena vaksinasi. Tim ahli didatangkan untuk memeriksa kesehatan ibu tersebut.

Wakil Bupati Garut Helmi Budiman mengatakan pihaknya sudah melakukan sejumlah langkah terkait temuan tersebut. Salah satunya dengan melaporkannya ke Komisariat Daerah (Komda) Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI).

“Untuk pasien ibu yang dimaksud, pertama kita sudah melaporkan ke Komda,” ucap Helmi kepada wartawan, Rabu (17/3/2021).

EK diviralkan lumpuh setelah menjalani vaksinasi COVID-19, beberapa waktu lalu. Kabar mengenai lumpuhnya EK tersebar lewat tangkapan layar sebuah percakapan WhatsApp di masyarakat.

Helmi menjelaskan Pemkab Garut meminta bantuan tim ahli dari Komda KIPI untuk menindaklanjuti kejadian tersebut. Rencananya, pada Rabu siang ini, tim ahli tersebut akan melakukan pemeriksaan terhadap EK.

“Insyaallah hari ini dari Komda Jabar akan datang ke Garut langsung melakukan inspeksi, pemeriksaan,” katanya.

Saat ini EK masih menjalani perawatan di RSUD dr. Slamet Garut. Helmi menambahkan, kondisi EK mulai berangsur membaik.

“Dilakukan perawatan langsung oleh dokter spesialis saraf dan psikiatri. Kondisinya sudah ada perbaikan, sekarang sudah bisa bicara, tidak mengeluh sakit lagi. Kekuatan ototnya sudah hampir pulih,” kata Helmi.

Sementara itu Dinkes Garut sebelumnya menyatakan keluhan yang diderita pasien bukanlah penyebab dari vaksin virus COVID-19. “Bukan lumpuh, tapi pasiennya merasa lemas pada hari Sabtu, sedangkan divaksinasi hari Rabu,” kata Sekretaris Dinas Kesehatan Garut Leli Yuliani, Selasa (16/3).

Leli mengatakan, EK divaksinasi COVID-19 pada hari Rabu (10/3). Dia kemudian beraktivitas normal dan merasa lemas pada hari Sabtu (13/3). EK diviralkan lumpuh gara-gara vaksin COVID-19 sejak Senin (15/3).

Leli menambahkan, berdasarkan penelusuran pihaknya, EK bukan sekali ini saja mengalami gejala serupa. “Memang sudah cukup sering mengalami hal serupa, dan beberapa kali sempat dirawat di Puskesmas. Jadi bukan karena setelah divaksinasi baru terasa lemas. Sebelum divaksin juga beberapa kali mengalami hal serupa,” tutur Leli.

Artikel Ini Telah Tayang Juga di news.detik.com dengan Judul: Tim Ahli Cek Guru di Garut yang Diviralkan Lumpuh Usai Vaksinasi

Editor: Kabar Garut

About Post Author

No More Posts Available.

No more pages to load.