Suasana Alam dan Spot Mancing di Situ Ranca Gede Sukanagara Pendeuy, Wisata Garut Wajib Dicoba

Kabar Garut – Objek wisata alam Situ Ranca Gede berada tak jauh dari kantor desa, tepatnya di Kampung Ranca RT 01/08 Desa Sukanagara, Kecamatan Pendeuy, Kabupaten Garut, memiliki luas dua hektar dan kedalaman 5 meter. Air yang berada di situ tersebut dimanfaatkan untuk keperluan irigasi pertanian warga sekitar khususnya di kedusunan Cukang Batu.

Pemerintah Desa Sukanagara berencana akan mempercantik sejumlah titik di sekeliling situ dengan membangun home stay dan lesehan rumah makan. Tujuannya, agar para pengunjung lebih nyaman berlibur di lokasi tersebut.

Kepala Desa (Kades) Sukanagara, Iwan Kartiwan, mengatakan, kedepan pihaknya akan menata Situ Ranca Gede. Karena kata ia, lokasi tersebut sangat berpotensi untuk dijadikan destinasi wisata alam dan harapkan kedepannya bisa memberikan kontribusi. Dengan semakin banyaknya pengunjung otomatis bisa mendongkrak roda perekonomian warga sekitar.

“Tentunya penataan ini tanpa merubah fungsi situ tersebut untuk pengairan irigasi ke pesawahan warga setempat. Kuliner seperti kelontong, wajit dan gula aren (gula merah), akan dipajang di warung-warung sekitar situ sebagai khas oleh-oleh Desa Sukanagara, sehingga ini menjadi daya tarik para pengunjung,” tutur Iwan, Kamis (18/02/2021).

Lanjut Kades Iwan, Situ Ranca Gede menjadi primadona spot mancing bagi warga di Kecamatan Pendeuy, bahkan dari luar keamatan.

Baca Juga :   ACT Gelar Launching Gerakan Sedekah Pangan Nasional

“Belum lama ini, pak Wakil Bupati Garut dr Helmi Budiman pun berkunjung dan camp beberapa hari di situ ini dan menebar ribuan benih ikan dengan jenis yang berbeda. Sekarang lumayan sudah pada besar seukuran empat jari,” kata Iwan.

Ia juga berharap kepada Pemerintah Kabupaten Garut melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) agar memberikan bantuan untuk normalisasi situ tersebut dengan alat berat, karena di situ ini sudah terjadi pendangkalan dan normalisasi atau pengerukan dengan alat berat adalah solusi.

Hal senada dikatakan Mustafa (Patriot Desa), bagi penggemar mancing sekaligus berwisata alam, Situ Rana Gede ini bisa menjadi rekomendasi. Selain lokasinya, sambung Mustafa, mudah dijangkau, juga suasana alam yang bisa bikin betah.

“Selain spot mancing juga banyak spot-spot yang cukup elok untuk selfie dengan background pegunungan yang mengelilingi disekitar situ serta spot pesawahan yang terhampar disekelilingnya,” pungkasnya.

Artikel ini dimuat juga pada  hariangarutnews.com dengan judul “Wisata Garut Wajib Dicoba, Suasana Alam dan Spot Mancing di Situ Ranca Gede Sukanagara Pendeuy”

Editor : Kabar Garut

Bagikan :

Next Post

Ketua DPRD Garut Melakukan Kunjungan Korban Bencana Longsor di Cilawu

Sen Feb 22 , 2021
Kabar Garut – Golina ( Golkar Peduli Bencana) melakukan kunjungan ke warga korban longsor di desa Karyamekar kecamatan Cilawu. Rombongan tersebut dipimpin langsung oleh ketua DPD Golkar Garut, Dra Hj. Euis Ida Wartiah, M.Si sekaligus sebagai ketua DPRD Garut. Turut serta pula jajaran pengurus DPD dan beberapa anggota dewan fraksi […]
error: Content is protected !!