Situ Bagendit di Garut Bakal Punya 6 Zona Wisata

Kabar Garut – Tempat wisata Situ Bagendit di Garut, Jawa Barat akan dikembangkan dengan konsep ekowisata berbasis masyarakat mulai Rabu (11/9/2020) hingga akhir 2021. “Rencananya pengembangannya ada enam zona,” kata Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jawa Barat Deddy Taufik kepada Kompas.com, Senin (9/11/2020).

Deddy melanjutkan, Zona 1 akan dikembangkan menjadi wisata publik yang menyasar pasar umum. Di dalamnya, pengunjung dapat menikmati wisata air. Ada juga ruang terbuka, taman, amfiteater, dermaga, taman teratai, shelter, ruang kuliner yang mencakup restoran serta pujasera, kios oleh-oleh, masjid, toilet, dan kantor. “Zona 2 ada wisata air yang didukung berbagai fasilitas kuliner khas Garut, seperti dodol, burayot, kopi, dan lain-lain,” imbuh dia. Sementara itu, Zona 3 adalah wisata air untuk kegiatan belajar dan mengajar atau green school. Kemudian Zona 4 adalah wisata air yang didukung dengan adanya bangunan bambu.

Deddy mengatakan bahwa nantinya, bangunan tersebut akan menyajikan pemandangan Situ Bagendit bagi wisatawan yang berkunjung untuk melihat beragam produk dan kreasi bambu unik. Untuk Zona 5, pengunjung akan disuguhkan wisata air yang didukung sarana dan prasaran untuk hobi, seperti memancing, speed boat, banana boat, berenang, dan area jaringan ikan. “Zona 6 itu khusus wisata privasi tinggi. Area resor atau glamping. Itu yang kita arahkan,” ucap Deddy. Selain area penginapan, Zona 6 rencananya juga akan memiliki fasilitas kolam renang, juga area untuk menikmati keindahan Situ Bagendit.

Baca Juga :   Dari Harga Hingga Fasilitas, Inilah 5 Hotel Terbaik di Garut

Pintu masuk sesuai zonasi Selain pengembangan enam zona wisata di Situ Bagendit, Deddy mengungkapkan bahwa nantinya akan ada tiga pintu masuk ke sejumlah zona wisata. “Tiga pintu masuk juga berkaitan dengan zona tadi, itu pintu masuknya ke kawasan. Gate 1 ke Zona 1 dan 4, Gate 2 ke Zona 2 dan 6, Gate 3 ke Zona 3 dan 5.

Itu yang kita arahkan,” sambung Deddy. Bagi wisatawan yang ingin menikmati keindahan alam sembari jalan-jalan santai di Taman Teratai dan berswafoto ria di bangunan bambu, mereka bisa masuk ke Situ Bagendit melalui Gate 1. Gate 2 merupakan pintu masuk yang harus dituju. Apabila pengunjung nantinya ingin belajar seputar alam atau menyalurkan hobi, seperti memancing atau menaiki speed boat, mereka bisa langsung menuju Gate 3.

Artikel ini dimuat juga pada travel.kompas.com dengan judul “Situ Bagendit di Garut Bakal Punya 6 Zona Wisata, Apa Saja?”

Editor : Kabar Garut

Bagikan :

Next Post

Menengok Pemandangan Lansekap Kecamatan Talegong, Bukit Lolongokan

Rab Feb 10 , 2021
Kabar Garut – Kecamatan Talegong adalah kecamatan paling barat di Kabupaten Garut (bersama Kecamatan Cisewu dan Caringin). Berbatasan langsung dengan Kabupaten Bandung dan Kabupaten Cianjur. Letaknya yang cukup jauh dari pusat kota Garut membuat kecamatan ini relatif jarang dikunjungi oleh orang-orang dari Garut Kota dan sekitarnya. Kebanyakan pengunjung malah datang […]
error: Content is protected !!