Sesuai Anjuran Rasulullah SAW, MUI Garut Jelaskan Waktu Sahur yang Tepat

Kabar Garut – Makan sahur menjadi salah satu hal yang perlu diperhatikan bagi seluruh muslim yang akan melaksanakan puasa. Kesuksesan sahur dengan mengkonumsi asupan yang bergizi, menjadi salah satu faktor pendukung seseorang mengarungi aktivitas selama puasa berlangsung.

Lantas kapan sebaikanya Anda melaksanakan sahur yang baik menurut tuntutan nabi besar Muhammad SAW ?

Sekretaris Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Garut KH Cecep Jaya Karama mengatakan, sesuai dengan anjuran Rasulullah SAW, waktu yang baik untuk sahur sebaiknya diakhiri sebelum datangnya waktu Imsak.

“Sebagaimana dalam hadits dikatakan, umatku senantiasa ada dalam kebajikan selama mereka menyegerakan buka puasa dan mengakhirkan sahur,” ujarnya, Kamis (15/4/2021).

Menurutnya, makan sahur itu sunnah Nabi Muhammad SAW dalam setiap sahum yang dijalankan oleh Rasululloh SAW.

“Beliau menyerukan kepada umat islam agar makan sahur ketika hendak berpuasa,” kata dia.

Bahkan dalam salah satu hadisnya, Nabi Muhammad SAW meminta agar seluruh umatnya jangan melewatkan pelaksanaan makan sahur sebelum melaksanakan puasa di siang hari.

Baca Juga :   Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (KAMMI) Bangun Skill Jurnalistik Mahasiswa Garut

“Sahur itu makanan yang berkah, maka dari itu janganlah kalian meninggalkannya walaupun hanya dengan meneguk setengah (gelas) air, karena Allah SWT dan malaikat-Nya bersalawat kepada orang-orang yang melaksanakan sahur,” kata dia.

Dengan mengakhirkan makan sahur, ujar Kiyai Cecep, makanan dan minuman yang dikonsumsi ketika sahur, menjadi sumber energi. Serta menjadi sumber nutrisi yang dibutuhkan tubuh, selama menjalani berpuasa yang berdurasi sekitar 13-15 jam.

“Jika terlalu awal makan sahur, maka ini akan berpengaruh pada ketersediaan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh kita ketika berpuasa,” ujarnya.

Selain itu, mengakhirkan waktu makan sahur memiliki banyak hikmah bagi seorang muslim, terutama lebih menyehatkan bagi tubuh.

Artikel Ini Telah Tayang Juga di liputan6.com dengan Judul: MUI Garut Jelaskan Waktu Sahur yang Tepat Sesuai Anjuran Rasulullah SAW

Editor: Kabar Garut

Bagikan :

Next Post

Alasan Sulit Cari Timun Suri di Garut pada Ramadan Tahun Ini

Jum Apr 16 , 2021
Kabar Garut – Dibanding tahun sebelumnya, penjualan salah satu buah khas Ramadan timun suri tahun ini di Garut, Jawa Barat, terbilang terlambat. Biasanya, ketika awal Ramadan, buah ini sudah berjajar rapi di pinggir jalan siap dibeli untuk pelepas dahaga usai berpuasa. Namun, tahun ini, timun suri mulai dijajakan pada hari ketiga […]
error: Content is protected !!