Segarkan Pikiran dengan 30 Wisata Garut Populer dan Eksotis

Kabar Garut – didominasi oleh wisata alam yang memesona. Garut merupakan sebuah kabupaten di Jawa Barat yang berdekatan dengan Kota Bandung. Daerah ini kerap jadi alternatif liburan masyarakat. Wisata Garut memiliki daya tarik yang tak kalah menarik dari daerah lainnya.

Pilihan wisata Garut juga cukup beragam mulai dari pegunungan hingga pantai. Ragam wisata Garut ini menjadi salah satu destinasi pariwisata unggulan di Jawa Barat.

Wisata Garut ini sangat cocok untuk berekreasi di akhir pekan. Berikut 30 wisata Garut terpopuler.

Wisata Garut: Gunung

Gunung Cikuray

Gunung Cikuray merupakan gunung tertinggi di Garut dan tertinggi keempat di Jawa Barat. Gunung ini termasuk gunung yang sudah tidak memiliki aktivitas vulkanik. Gunung Cikuray mempunyai kawasan hutan Dipterokarp Bukit, hutan Dipterokarp Atas, Hutan Montane dan Hutan Ericaceous. Gunung Cikuray kerap didaki oleh para pendaki. Ada empat jalur pendakian di gunung ini, yaitu (Desa Dangiang, Bayongbong, Cikajang, dan Dayeuhmanggung. Keempat jalur tersebut menawarkan medan yang sangat menarik dengan karakteristik berbeda.

Gunung Guntur

Gunung Guntur merupakan gunung dengan ketinggian 2.249 meter dpl. Gunung ini terakhir meletus pada 1847 silam. Gunung Guntur berdekatan dengan gunung-gunung lainnya yang mengelilingi kota Garut. Jalur pendakian gunung ini termasuk sulit namun akan dibayar dengan panorama yang super indah. Selain itu, di sekitar kaki gunung Guntur juga terdapat banyak objek wisata pegunungan.

Gunung Papandayan

Gunung Papandayan terkenal dengan sejumlah kawahnya seperti Kawah Mas, Kawah Baru, Kawah Nangklak, dan Kawah Manuk. Kawah-kawah tersebut mengeluarkan uap dari sisi dalamnya. Selain kawah, lokasi menarik yang bisa dikunjungi adalah Blok Pondok Saladah berupa padang rumput luas di ketinggian 2.288 mdpl. Ada juga hutan mati yang menyajikan eksotisnya pepohonan kering dan vegetasi khas daerah ini.

Gunung Talaga Bodas

Di wisata Garut satu ini, kamu bisa menemukan kawah yang masih memiliki aktivitas vulkanik. Lokasi ini cukup aman dikunjungi oleh wisatawan. Dari gunung ini kamu bisa menikmati indahnya tanah berbukit dan pepohonan hijau yang asri.

Gunung Piramida Sadahurip

Gunung piramida sadahurip termasuk lokasi yang fenomenal di Garut. Gunung ini berada di Sindanggalih, Karangtengah, Garut. Gunung Sadahurip memang memiliki bentuk unik yang mirip dengan piramida di Mesir. Bagian lereng gunung ini dijadikan lahan pertanian oleh warga setempat. Ini membuat gunung ini terlihat hijau dan indah jika dipandang dari kejauhan.

Gunung Sadahurip sempat diyakini sebagai piramida kuno. Meski begitu, kebenaran akan adanya piramida di gunung ini masih diragukan para ahli.

Wisata Garut: tempat istimewa

Kawah Kamojang

Kawah Kamojang berada di perbatasan Garut dan Bandung. Kawah di sini bukanlah kawah biasa. Kawah Kamojang hanya berupa uap panas bumi yang keluar dari area-area tertentu. Di kawasan ini juga terdapat pemandian air panas dan objek rekreasi lainnya.

Candi Cangkuang

Candi Cangkuang merupakan candi bercorak Hindu yang berada di Kampung Pulo, wilayah Cangkuang, Kecamatan Leles, Garut. Candi Cangkuang merupakan satu-satunya candi Hindu di Tatar Sunda. Bentuk bangunan Candi Cangkuang yang sebenarnya belumlah diketahui. Bangunan candi yang bisa dilihat sekarang ini merupakan hasil rekayasa rekonstruksi dengan bangunan asli hanya sekitar 40%.

Kebun Teh Dayeuh Manggung

Dayeuh Manggung merupakan salah satu daerah dengan panorama alam pegunungannya yang indah. Di sini kamu bisa menemukan kebun teh yang sudah ada sejak zaman kolonial, 1913 silam. Desa Dayeuh Manggung sendiri merupakan desa wisata yang menjadi gerbang utama menuju Gunung Cikuray.

Pusat Konservasi Elang Kamojang

Di daerah Kamojang, ada sebuah pusat konservasi elang. Elang yang berada di tempat ini merupakan Elang hasil dari penyerahan sukarela dari pemelihara, sitaan dari pemelihara atau penjual yang di serahkan melalui Balai Konservasi dan Sumber Daya Alam (BKSDA) selaku pihak yang berwenang. Namun, karena pandemi, untuk sementara wisata Garut satu ini belum bisa menerima kunjungan.

Wisata Garut: objek wisata

Kebun Mawar Situhapa

Kebun Mawar Situhapa termasuk wisata Garut yang populer. Di sini terdapat taman terbuka berisi lebih dari 500 jenis mawar dan bunga-bunga lainnya. Dari Kebun Mawar Situhapa kamu bisa menikmati indahnya gunung Papandayan, Cikuray, Guntur hingga Talaga Bodas.

Kompleks Wisata Cipanas

Kompleks Wisata Cipanas merupakan daerah wisata favorit warga Garut. Di sini kamu bisa menikmati sensasi menenangkan berendam di pemandian air hangat. Pemandian ini bersumber langsung dari Gunung Guntur.

Wisata Garut: lubuk sungai

Leuwi Korsi

Di Jawa Barat, ada banyak leuwi atau lubuk sungai yang indah. Garut memiliki sungai-sungai yang mengalir eksotis. Salah satu wisata Garut berupa sungai cantik adalah Leuwi Korsi. Sungai ini berada di Bungbulang, Garut. Leuwi Korsi memiliki aliran air biru jernih, sebening kristal. Di kedua sisi sungai terdapat tebing dan bebatuan yang mirip seperti deretan kursi.

Baca Juga :   Kades Garut Terdakwa Korupsi Tak Ditahan, Istri Jaminkan Rp 100 Juta ke Hakim

Leuwi Tonjong

Leuwi Tonjong merupakan aliran air sungai yang diapit dengan tebing batu tinggi yang eksotis. Aliran air di sungai ini juga cukup tenang dan jernih. Sungai ini berada di Kampung Rontog, Desa Jayamukti, Kecamatan Cihurip, Kabupaten Garut.

Leuwi Jubleg

Sungai dengan pemandangan luar biasa lainnya adalah Leuwi Jubleg. Dalam bahasa Sunda, Jubleg berarti lesung. Ini karena bebatuan dan tebing di sungai ini mirip dengan lesung. Leuwi Jubleg berada di Kampung Cikupa, Desa Cihikeu, Kecamatan Bungbulang, Kabupaten Garut.

Leuwi Jurig

Jurig dalam bahasa Sunda berarti hantu. Namun, lubuk sungai ini tak semenakutkan namanya. Leuwi Jurig dikelilingi tebing-tebing indah yang menjulang tinggi. Airnya yang biru dan jernih menambah kesejukan leuwi ini. Leuwi Jurig berada di Desa Bojong, Kecamatan Bungbulang, Kabupaten Garut.

Wisata Garut: pantai

Pantai Rancabuaya

Tak cuma pegunungan, wisata Garut juga memiliki keindahan pantai yang tak kalah menarik. Salah satu pantai yang paling terkenal adalah Pantai Rancabuaya. Pantai Rancabuaya berada di Desa Purbayani, Kecamatan Caringin, Kabupaten Garut. Pantai ini memiliki bebatuan yang tersebar di sepanjang pesisir pantai. Deburan ombak yang menghantam batu karang membuat suasana pantai ini sangat syahdu dan menenangkan hati.

Pantai Cijeruk

Pantai Cijeruk termasuk wisata Garut selatan yang masih dikenal kealamiannya. Pantai ini memiliki hamparan pasir jingga yang unik. Pantai Cijeruk berada di Desa Sagara, Kecamatan Cibalong, Kabupaten Garut.

Pantai Taman Manalusu

Pantai Taman Manalusu berlokasi di Kecamatan Cilekelet, Kabupaten Garut. Pantai Taman Manalusu dikenal dengan lumut hijau yang tumbuh di bebatuan bibir pantai. Hijaunya lumut berpadu dengan ombak dan laut biru membuat pantai ini terlihat unik.

Pantai Santolo

Pantai Santolo termasuk pantai yang sangat terkenal di Garut. Wisata Garut ini memiliki bentang pantai yang panjang dengan pasir putih yang halus. Kawasan Pantai Santolo merupakan berkumpulnya nelayan tradisional yang melaut. Di sekitar pantai ini juga terdapat bangunan-bangunan peninggalan Belanda yang indah.

Pantai Sayang Heulang

Masih satu lokasi dengan Pantai Santolo, dari sana kamu bisa langsung menuju Pantai Sayang Heulang. Pantai Sayang Heulang memiliki panjang lebih dari 3,5 kilometer, lebar 50 meter dan luas 10 hektar. Di pantai ini terdapat bentang karang yang menjorok jauh ke laut di sepanjang garis pantai.

Wisata Garut: air terjun

Curug Batu Nyusun

Curug Batu Nyusun terletak di Kampung Cikuda Desa Pangrumasan Kecamatan Peundeuy Kabupaten Garut. Curug ini memiliki tebing dengan bebatuan alami yang terlihat tersususn rapi. Aliran air di tebing ini membuatnya nampak dramatis. Curug ini lebih cocok dikunjungi saat musim kemarau, dikarenakan saat kemarau, air mengalir tidak terlalu banyak sehingga bebatuan tersusun tersebut akan terlihat dengan jelas.

Curug Nyogong

Curug Nyogong termasuk salah satu air terjun yang masih alami. Wisata Garut satu ini memiliki debit air yang cukup deras. Curug Nyogong berada di Kampung Sawahpasir, Mekarwangi, Cihurip, Kabupaten Garut. Untuk menuju lokasi, kamu harus melewati jalur trekking kurang lebih 30 menit.

Curug Mala

Wisata Garut ini berada di Kecamatan Cisewu, Kabupaten Garut. Pada musim hujan curug ini akan terlihat sangat indah dengan debit air yang cukup deras. Air terjun ini sangat cocok untuk menyegarkan pikiran.

Curug Ciarjuna

Curug Ciarjuna berada di desa Panawa, Pamulihan, Garut. Curug ini termasuk curug yang masih terjaga keasriannya. Untuk bisa menuju Curug Ciarjuna, kamu perlu melalui jalur trekking yang menembus hutan. Namun, perjuanganmu akan dibayar dengan menawannya tiga air terjun yang deras. Suasana di curug ini sangat sejuk dan menenangkan.

Curug Cibadak

Curug Cibadak dikenal dengan debit airnya yang sangat deras. Air yang deras memberi atmosfer kesejukan tersendiri yang pasti akan bikin betah berlama-lama di sini. Sama seperti curug sebelumnya, kamu juga harus melalui trekking melewati perkebunan dan hutan untuk bisa menikmati air terjun ini.

Wisata Garut: tebing dan puncak

Batu Tumpang

Batu Tumpang merupakan tebing alam dengan ketinggian kurang lebih 150 meter. Wisata Garut ini sangat cocok bagi kamu yang suka memanjat tebing. Dari atas tebing, kamu bisa menyaksikan hamparan kebun teh yang hijau bak permadani. Lokasi Batu Tumpang berada di Jalan Raya Cikajang – Pamengpeuk, Desa Tanjungjaya, Kecamatan Banjarwangi, Kabupaten Garut.

Batu Patapaan

Batu Patapaan merupakan lokasi tebing batu dengan formasi unik. Batu Patapaan juga menjadi lokasi panjat tebing yang cukup populer. Bentuk batu yang unik dan curam juga banyak menjadi bahan fotografi para fotografer.

Puncak Guha

Puncak Guha berada di Sinarjaya, Bungbulang, Garut. Wisata Garut satu ini merupakan bukit yang menjorok ke pantai selatan. Dari puncak ini kamu bisa menikmati keindahan Samudera Hindia seluas mata memandang.

Bukit Pilar Angin

Bukit Pilar Angin sering disebut Sumbawa-nya Garut. Di sini kamu bisa menemukan padang rumput eksotis. Dari bukit ini kamu juga bisa menikmati panorama bukit dan pegunungan yang menawan.

Artikel Ini Telah Tayang Juga di hot.liputan6.com dengan Judul: 30 Wisata Garut Populer dan Eksotis, Segarkan Pikiran

Editor: Kabar Garut

Bagikan :

Next Post

Warga Desa Sukanagara Dapat Pelatihan Pembuatan Pupuk Organik

Kam Mar 25 , 2021
Kabar Garut – Terjadinya kelangkaan dan mahal pupuk saat ini merupakan permasalahan serius yang harus diantisipasi dan dicarikan solusinya. Kebutuhan pupuk yang terus meningkat oleh para petani, sedangkan stok pupuk yang terbatas mengakibatkan petani kesulitan memenuhi kebutuhannya. Dikatakan Mustapa, salah satu bentuk komitmen dan kepedulian Patriot Desa “kami bekerjasama dengan […]
error: Content is protected !!