Ratusan Desa Bakal Punya Nahkoda Baru, Garut Bersiap Gelar Pilkades

Kabar Garut – Kabupaten Garut bersiap menyambut pemilihan kepala desa (Pilkades) yang rencananya digelar pertengahan tahun 2021 ini. Ada ratusan desa yang akan memiliki pemimpin baru.

Bupati Garut Rudy Gunawan mengatakan, ada 217 desa yang akan menyelenggarakan Pilkades 2021 di Garut. Ratusan desa itu tersebar di 40 dari 42 kecamatan yang ada.

“Ada 217 desa yang akan melaksanakan Pilkades. 125 desa di antaranya akan memiliki lebih dari lima calon,” ucap Rudy kepada wartawan, Jumat (19/2/2021).

Rudy menyebut, pelaksanaan pemilihan akan sedikit berbeda. Jumlah tempat pemungutan suara (TPS) akan lebih banyak dibanding biasanya.

“Sesuai dengan Permendagri, di satu TPS itu hanya boleh ada sekitar 500an pemilih. Makanya jumlah TPS akan lebih banyak,” katanya.

Baca Juga :   Bupati Garut Menjadi Meringankan Kasus Korupsi Pembangunan SOR Ciateul

Pilkades rencananya akan digelar di Garut pada bulan Juni 2021. Sebelum ke tahap pemilihan di bulan Juni, para calon akan melalui proses pendaftaran dan pemenuhan persyaratan di bulan April dan Mei.

Wabup Garut Helmi Budiman mengatakan, Pemda mengimbau agar panitia Pilkades mengatur protokol kesehatan dengan baik dan ketat. Sebab, dia khawatir proses pemilihan nanti menjadi wahana penyebaran virus COVID-19.

“Ini yang saya khawatir. Pilkades beres, rumah sakit penuh. Terjadi ledakan penyakit COVID-19. Saya sarankan nanti TPS-nya tuh bukan di dalam (ruangan) tapi di luar,” ujar Helmi.

Artikel ini dimuat juga pada news.detik.com dengan judul “Garut Bersiap Gelar Pilkades, Ratusan Desa Bakal Punya Nahkoda Baru”

Editor : Kabar Garut

Bagikan :

Next Post

Semakin Meluas Longsoran Tebing di Cilawu Garut

Sen Feb 22 , 2021
Kabar Garut – Longsor mengerikan yang terjadi di Kecamatan Cilawu, Garut makin meluas. Sejak terjadi seminggu lalu, hingga kini longsor masih terjadi di lokasi. Pergerakan tanah terus terjadi di lokasi longsor yang berada di Kampung Cipager dan Babakan Kawung, Karyamekar, Kecamatan Cilawu. Hal tersebut dibenarkan pihak BPBD Garut. “Masih bergerak […]
error: Content is protected !!