Program pembangunan Bamboo Creative Centre di kecamatan Selaawi tahap pertama telah usai, Semoga Program Ini Bisa Menjadi Keberkahan Bersama Ungkap Bupati Garut

Kabar Garut – Program pembangunan Bamboo Creative Centre di kecamatan Selaawi tahap pertama telah usai, sebagai tanda syukur dari warga dan unsur forkopimcam, maka digelar acara Tasyakur Bini’mah yang dilaksanakan di gedung Amphi Theatre pada Sabtu (02/01).

Pada acara tersebut, hadir Wakil Bupati Garut, dr Helmi Budiman, Forkopimcam kecamatan Selaawi, seluruh kepala Desa, tokoh masyarakat dan tokoh pemuda beserta budayawan asal selaawi. Acara berlangsung dengan sederhana namun cukup khidmat.

Dalam sambutannya, Wakil Bupati Garut mengatakan bahwa di kecamatan Selaawi ini banyak potensi yang bisa dikembangkan, salahsatunya yang berkaitan dengan bambu. Karena bambu ini merupakan tanaman yang unik, semua yang ada didalam bambu dapat dimanfaatkan, diolah dan menjadikan produk yang bisa menghasilkan untuk uang.

Bahkan untuk dijadikan bahan bangunan, imbuhnya, bambu merupakan bahan yang tahan gempa, karena mempunyai elastisitas dibandingkan dengan bahan beton.

“ Makanya saya sempat kaget ketika pernah mendapat laporan bahwa ada rumah warga yang dinyatakan tidak layak huni karena rumahnya masih berbahan bambu, kayu dan bilik. Padahal ketika saya tinjau, rumah tersebut masih kokoh dengan bangunan bambu dan kayunya. Artinya masih layak huni karena belum ada kerusakan yang begitu parah, “ terangnya.

Baca Juga :   Mister Sutarman Jalani Sidang Pertama Didakwa Pasal Berlapis

Untuk itu, saya berharap dengan adanya Bamboo Creative Centre ini, mampu memotivasi bagi yang lain untuk mengeksplorasi potensi dengan segala manfaat yang ada pada bambu.

“ Semoga pencapaian program ini bisa menjadi berkah bagi kecamatan Selaawi, berkah bagi kabupaten Garut, bahkan berkah bagi Negara Indonesia,” harapnya.

Sementara dalam kesempatan yang sama, camat Kecamatan Selaawi, Ridwan Efendi SSTP MSi, menjelaskan, pembangunan Bamboo Creative Centre ini baru selesai tahap satu yakni bangunan Amphi Theatre. Sedangkan untuk tahap duanya akan dilaksanakan pada awal tahun 2021 ini, sekitar bulan Pebruari dengan besaran anggaran sekitar 2,5 miliar dengan peruntukan membangun Sangkar Burung terbesar, Plaza / Galeri, Gerbang Bambu, dan lain-lain.

“ Mudah-mudahan dengan dorongan dari semua pihak, baik warga kecamatan selaawi maupun pemerintah kabupaten yang mengalokasikan dananya. Segala rencana dapat terwujud tanpa ada kendala, “ pungkasnya.

Sumber : Harian Garut

Editor : Kabar Garut

Bagikan :

Next Post

Sektor Pertanian Garut Menjadi Salah Satu Daerah yang Merasakan Sentuhan Program IPDMIP dari Kementan

Sen Jan 4 , 2021
Kabar Garut – Sektor pertanian di Garut, Jawa Barat, menjadi salah satu daerah yang merasakan sentuhan program Integrated Participatory Development & Management of Irrigation Program (IPDMIP) dari Kementerian Pertanian (Kementan). Salah satu dampak positif yang  dirasakan para petani Garut adalah meningkatnya hasil pertanian sebesar 2,7 persen. Menteri Pertanian Syahrul Yasin […]
error: Content is protected !!