Pokdarkamtibmas Sektor Pakenjeng Garut Segera Miliki Bangunan Kantor, Didukung Forkopim Kecamatan

Kabar Garut – Kelompok Sadar Keamanan Ketertiban Masyarakat (Pokdarkamtibmas) Bhayangkara Sektor Pakenjeng Resor Garut kini sudah memiliki lahan resmi atau lahan permanen yang berlokasi di Kampung Jatigede RT01/08 Desa Jatiwangi, Kecamatan Pakenjeng dengan luas 5 X 7 meter.

Ketua Pokdarkamtibmas Sektor Pakenjeng, Setiyawan, didampingi Kabid Monitoring, MK Harahap dan Kabid Tekhnik Informasi, Pendi, menyampaikan, lahan tersebut merupakan milik desa yang diusulkan oleh pengurus Pokdarkamtibmas dan tokoh masyarakat setempat untuk digunakan sekretariat Pokdarkamtibmas.

“Alhamdulillah, berkat koordinasi dengan tokoh masyarakat, Ketua RW, para Kepala Desa dan Forum Komunikasi Pimpinan Kecamatan (Forkopimcam) Pakenjeng, kami mendapat dukungan penuh mendapatkan lahan kosong milik Desa dengan ukuran 5×7 meter di Kampung Jatigede RT01/08 Desa Jatiwangi yang akan digunakan untuk pembangunan sekretariat Pokdarkamtibmas Sektor Pakenjeng,” ujar Setiyawan, Sabtu (06/02/2021).

Ketua Pokdarkamtibmas Bhayangkara Polres Garut, Igie N Rukmana S Kom, tinjau lahan pembangunan sekretariat Pokdrkamtibmas Sektor Pakenjeng, Sabtu (06/02/2021).

Dengan kehadiran Sektretariat Pokdarkamtibmas Pakenjeng nantinya, Setiyawan mengaku berharap sekretariat itu bisa memberi kontribusi bagi terpeliharanya keamanan dan ketertiban di wilayah hukum Polsek Pakenjeng.

“Organisasi Pokdarkamtibmas merupakan sebagai anak kandung yang lahir dari rahim Polri yang bertugas secara sukarela dalam membantu penegak hukum untuk mengamankan dan menertibkan masyarakat. Hibah tanah kosong untuk lahan sekretriat ini merupakan bentuk dukungan agar Pokdarkamtibmas lebih memiliki kontribusi nyata bagi masyarakat dan lingkungannya,” ujarnya.

Dengan langkah awal ini juga Setiyawan mengajak seluruh keluarga besar Pokdarkamtibmas bahu-membahu dalam percepatan pembangunan gedung sekretariat tersebut.

“Saya mengajak kepada seluruh keluarga besar Pokdarkamtibmas untuk saling bahu membahu dalam percepatan pembangun sekretariat tersebut. Artinya, ringan sama dijinjing berat sama dipikul,” ucapnya.

Pelaksanaan serta peninjauan lahan tersebut tampak dihadiri langsung Ketua Pokdarkamtibmas Bhayangkara Resor Garut, Igie N. Rukmana S Kom, turut mendampingi Pengurus Pokdarkamtibmas Sektor Pakenjeng Kabid Monitoring, MK Harahap dan Kabid Tekhnik Informasi, Pendi.

Baca Juga :   Camat Pasirwangi Raih Penghargaan Best Effort, Momen Hari Jadi Garut Ke 208

Sementara, Ketua Pokdarkamtibmas Resor Garut, Igie N Rukmana mengapresiasi peran yang dijalankan Forkopim Kecamatan Pakenjeng, Aparatur Desa, tokoh masyarakat dalam menjaga keamanan, ketertiban, dan kondusivitas di wilayahnya, salah satunya yakni dengan memberikan dukungan untuk lahan pembangunan sekretariat Pokdarkamtibmas. Dikatakan Igie, anggota Pokdarkamtibmas ini adalah masyarakat yang memiliki pengetahuan dan wawasan yang relatif luas, berkelakuan baik dan mampu berkomunikasi dengan masyarakat.

“Kita harapkan peran ini dapat terus dijalankan oleh pengurus Pokdarkamtibmas Sektor Pakenjeng dengan pemerintah, TNI/Polri dan tokoh masyarakat setempat. Ini sebagai bagian dari kerja sama antar masyarakat dengan kepolisian dalam membantu menciptakan kamtibmas dengan prefentif maupun alternatif, juga dalam hal penanganan,” tutup Ketua Pokdarkamtibmas Resor Garut.

Terpisah, Kasat Binmas Polres Garut, Iptu Didi Sutardi menuturkan, dalam pemeliharaan Kamtibmas, Polri tidak dapat bekerja sendiri tetapi memerlukan partisipasi masyarakat, oleh sebab itu, dengan adanya dukungan dari pemerintah dan masyarakat setempat, apalagi dengan menyediakan lahan untuk menunjang kegiatannya, tentunya ini patut diapresiasi.

“Polri bekerja tidak bisa berdiri sendiri, dalam memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat di Kabupaten Garut ini harus ada peran serta masyarakat yang berkolaborasi dalam memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat. Apalagi dalam kegiatannya didukung dengan sarana dan prasarana, tentunya ini akan membawa perubahan kondusifitas kamtibmas ke arah yang lebih baik,” tutup Kasat Binmas Polres Garut.

Artikel ini dimuat juga pada hariangarutnews.com dengan judul “Didukung Forkopim Kecamatan, Pokdarkamtibmas Sektor Pakenjeng Garut Segera Miliki Bangunan Kantor”

Editor : Kabar Garut

Bagikan :

Next Post

Perawat RSUD dr Slamet Akhirnya Meninggal Dunia, 18 Hari Dirawat Akibat Covid-19

Sen Feb 8 , 2021
Kabar Garut – Wakil Bupati dr Helmi Budiman, atas nama Pemerintah Kabupaten Garut menyampaikan ucapan belasungkawa karena Garut kembali kehilangan tenaga kesehatan, seorang petugas perawat di Rumah Sakit Ini Daerah (RSUD) dr Slamet Garut yang terinfeksi Covid-19 dan meninggal setelah menjalani perawatan selama 18 hari diruang isolasi RSUD. “Hari ini […]
error: Content is protected !!