PKK Kabupaten Garut Raih Juara 2 BIFHEX-Food Ethnic 2023 Tingkat Jawa Barat

oleh

KOTA BANDUNG// kabagarut.com –  Kabupaten Garut berhasil meraih juara 2 Festival Keanekaragaman Pangan Tahun 2023, sebagai rangkaian event kuliner Bandung International Food & Hotel Expo (BIFHEX)- Food Ethnic 2023. Festival yang diikuti oleh PKK 27 kab/kota di Jawa Barat itu digelar sejak Selasa (31/1/2023) bertempat di Grand Ballroom Sudirman, Bandung.

Prestasi ini tidak lepas dari peran TP PKK Kabupaten Garut yang bekerjasama dengan Dinas Perindustrian Perdagangan ESDM (Disperindag ESDM), Dinas Pariwisata dan Kebudayaan ,(Disparbud), Dinas Ketahanan Pangan ,(DKP), Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) serta Ikatan Chef Indonesia (ICA) Garut.

Wakil Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kabupaten Garut, Hani Firdiani Helmi Budiman, Kamis (2/2/2023) mengaku sangat bangga serta mengapresiasi atas prestasi yang diraih oleh TP PKK Kabupaten Garut. Menurutnya, bagi internal pengurus TP PKK kemenangan prestasi ini diharapkan dapat menjadi pendorong untuk lebih produktif dan kreatif dalam berkontribusi positif bagi kesejahteraan masyarakat.

“Festival ini merupakan ajang untuk mengenalkan pangan lokal, dalam hal ini yang mengandung mineral dan vitamin yang tinggi. Pangan lokal yang disajikan telah diolah secara kreatif dan inovatif sehingga tidak kalah bersaing dengan kualitas pangan yang disajikan di hotel dan restoran,” ucapnya.

Hani menuturkan, menu pangan lokal juga diharapkan dapat menjadi salah satu menu lengkap kuliner unggulan Kabupaten Garut yang berdaya saing dan berdaya jual.

Sementata itu, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Garut, Agus Ismail, mengungkapkan rasa syukurnya dan bangga atas pencapaian itu.

Agis, sapaan akrab Agus Ismail, menerangkan, tema dari Food Ethnic tahun ini adalah menu olahan pangan lokal kaya vitamin dan mineral. Maka, masakan yang dihidangkan oleh PKK Garut adalah menu yang benar-benar etnik.

Menu makanan yang disajikan PKK Kabupaten Garut yakni Bancakan Lahang Cihanyawar sebagai appetizer, Jogo Taleus Papandayan (main course), Nila Gahar Bagendit (main course), Duta Talaga Bodas (main course), Salur Kembang Sausin (main course), Waluh Jegar Ciburial (dessert).

Menu tersebut, imbuhnya, diyakini tidak kalah menarik dibanding kontestan lain.
“Dari rasa tak kalah dengan daerah lain,” ungkap Agis.

Agis mengungkapkan, dengan pencapaian di Food Ethnic ini, akan menambah semangat para ibu PKK di Kabupaten Garut, bahkan ia ke depan bisa menggali potensi lain yang lebih unik lagi.

Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Jawa Barat Atalia Praratya Ridwan Kamil, dalam keterangannya, mengapresiasi event kuliner BIFHEX 2023 ini.

Menurutnya, acara ini sangat memberikan ruang bagi pelaku UMKM di Jabar dalam memperkenalkan produk-produknya kepada pasar yang lebih luas.

Kemudian event ini juga mendorong perkembangan dunia kuliner lokal di 27 kota/kabupaten.

“Saya bersyukur sekali. Semakin lama kita (Pemprov Jabar) bisa terus mendorong bagaimana perkembangan dunia kuliner di Jawa Barat,” ujar Atalia Praratya saat meninjau stan makanan di Grand Sudirman Ballroom, Kota Bandung, Jumat (3/2/2023).

Mengusung konsep empat hari pameran, BIFHEX 2023, mengupas kuliner dan memperkenalkan ratusan peralatan dengan teknologi terbaru serta berbagi pengetahuan bersama pakar terbaik.

Event yang diselenggarakan Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jabar dan stakeholders disambut baik masyarakat. Terlihat dari banyaknya masyarakat yang hadir baik sebagai konsumen maupun sebagai produsen.**(Bah Tata).