Pers adalah Bentuk Terbaik Dari Sebuah Oposisi Politik Kekuasaan

Oleh : Indra Kurniawan, SH (Pengamat Politik Hukum & Tata Negara)

Kabar Garut – Hari Pers Nasional yang jatuh pada hari ini 9 Februari 2021 tentu penting kita apresiasi, karena selama ini dalam kacamata Politik Hukum dan Tata Negara Pers telah mengambil bagian penting dalam Checking of Power dan secara konsisten menjadi bagian dari balance Pemerintahan selama ini. Dinamika pers selama dua dasawarsa juga telah menjadi bagian yang sangat fundamental dalam mengelola informasi yang akurat dan digunakan sebagai sarana yang paling informatif bagi kepentingan dan kebutuhan Publik.

Krisis kepercayaan publik terhadap Pemerintahan baik di Pusat dan Daerah khusus terkait dengan berbagai macam keterbukaan informasi pun dapat dijawab secara baik oleh berbagai akselerasi dan keberanian Pers dalam mengungkap sisi-sisi keadilan Publik. Saat ini penulis berasumsi bahwa bentuk terbaik dari sebuah oposisi Politik kekuasaan adalah pers situ sendiri.  Pers juga berfungsi sebagai wadah integritas pejabat publik bahkan bagaimana pers mengawal kinerja law maker disisi legislative, dan kebijakan-kebijakan eksekutif pun tidak luput dari control mereka.

Sejatinya ruang kosong demokrasi oleh publik dan minimnya kinerja wakil rakyat juga dapat diambil alih oleh peran-peran pers yang begitu aktif dan ikut memastikan keputusan-keputusan kuasa itu berdasarkan nalar keadilan Publik. Maraknya pers-pers baik yang digital ataupun yang konvensional menandakan bahwa memang kepercayaan Publik dan kontrol  publik tidak akan pernah bisa dilepaskan dari kinerja dan integritas pers untuk selalu menjaga keakuratan pemberitaan dan kepentingan informasi ini juga cukup membantu Publik melakukan civil investigasi dan turut serta melakukan control terhadap penanganan kasus-kasus besar yang saat ini marak di Indonesia.

Baca Juga :   Wakil Bupati Garut Hadiri Aksi Donor Darah Yang Digelar PERUMDA Tirta Intan Garut

Seraya mengucapkan Hari Pers Nasional, penulis juga menyimpan harapan yang sangat besar bahwa pers kedepan bisa menjadi bagian dari tempat keadilan Pancasila itu berada. Pers adalah suara rakyat yang paling original, terlepas dari kubuisme pers yang memiliki Spektrum Politik bagi penulis itu adalah sebuah diskursus baru bahwa saling mengimbangi bukan datang dari pers dan negara saja melainkan sesama pers juga layak menjadi bagian dari diskursus ilmiah dengan adanya perbedaan-perbedaan penilaian Politik Hukum yang berkembang di Indonesia saat ini.

Pers saat ini berkembang begitu pesat dan berhasil men transformasi keadilan publik yang saat ini masih menjadi kendala terkait keterbukaan informasi, akuntabilitas dan etos kerja Pejabat Publik. Dalam hukum tata negara pers adalah bagian penting sebagai pengendali kekuasaan dan saat ini kekuratan dan bentuk informasi yang disampaikan pers juga telah mencapai sudut-sudut ilmiah dan koheren.

Selamat Hari Pers Nasional. Keadilan Pancasila salah satunya adalah bagaimana Pers menjadi penjaga Nalar Publik dan menjadi benteng pertahanan Publik untuk selalu memastikan tindakan-tindakan kekuasaan sebagai kepanjangan dari Keadilan Pancasila yang Hakiki.

Artikel ini dimuat juga pada hariangarutnews.com dengan judul “Bentuk Terbaik Dari Sebuah Oposisi Politik Kekuasaan Adalah Pers”

Editor : Kabar Garut

Bagikan :

Next Post

Tim ACT-MRI Garut Beserta Relawan Kecamatan Singajaya Berikan Bantuan untuk Korban Banjir Longsor di Banjarwangi dan Singajaya

Rab Feb 10 , 2021
Kabar Garut – Belum surut duka dinegeri ini, bencana banjir dan tanah longsor terjadi di Kecamatan Singajaya dan Banjarwangi Garut. Kejadian tersebut diakibatkan oleh curah hujan yang tinggi yang melanda wilayah garut selatan pada Senin, (08/02/2021). Dikecamatan Singajaya, terjadi pergerakan tanah di Kampung Cikadu 03/03 Desa Girimukti. Beberapa bangunan sekolah […]
error: Content is protected !!