Perpaduan Irama yang Harmonis, Dinamis dan Atraktis Kesenian Badogar

Kabar Garut – Badogar (Barong Domba Garut), kesenian ini merupakan seni helaran dari tari barong domba yang ditabuh secara kaloborasi dengan tarian dan musik tradisional yang dilengkapi alat berupa kohkol, tarangtang dan kecrek sehingga menghasilkan satu perpaduan irama yang harmonis, dinamis dan atraktis.

Badogar ini merupakan salah satu kesenian yang menarik, mengingat kesenian ini merupakan kesenian yang terbilang baru dan hangat karena Badogar baru diciptakan pada awal tahun 2011 oleh seniman sunda kecamatan Cilawu, kota Garut yang terinspirasi dari populernya Reog Ponorogo yang sudah mendunia ke internasional.

Apa yang membuat Barong Domba Garut ini menarik ?

  • Ciri utama kesenian ini ialah kepala domba garut yang merupakan domba asal Garut yang menjadi ikon Kabupaten Garut.
  • Gerakan yang khas pada badogar adalah gerakan berputar-putar dan saling membenturkan kepala antar pemain badogar yang dilapisi bulu imitasi boneka yang menceritakan pertempuran domba hingga terjadinya menang dan kalah. Gerakan tersebut merupakan gerakan khas pembarong reog mengadu kepala yang sebelumnya sering dilakukan pada tragedi Gerakan 30 september PKI.
  • Berbeda dengan kesenian sunda lainnya, pemain Badogar sebagaian besar adalah remaja yang masih mengenyam pendidikan baik SD hingga universitas. Sehingga peminat kesenian inipun lebih beragam.
Baca Juga :   Tradisi Khas Masyarakat Kota Garut, Tradisi Adu Domba

Dimana Kesenian Badogar ini sering dipertontonkan?

Secara umum seni badogar bisa digunakan yang sifatnya outdoor dan indoor. Secara khusus seni badogar bisa dimanfaatkan atau digunakan dalam acara seperti:

  1. Penyambutan tamu
  2. Hari besar kenegaraan
  3. Khitanan dan pernikahan
  4. Ulang tahun dan peresmian
  5. Hiburan umum

Sumber : Dunia budaya garut

Editor : Kabar Garut

Bagikan :

Next Post

Tarian Khas Dari Masyarakat Sunda, Tari Jaipong

Sel Des 29 , 2020
Kabar Garut – Jaipong adalah salah satu jenis tarian Tradisional khas masyarakat Sunda, Jawa Barat. Jaipong merupakan gabungan antara seni tradisi Karawang seperti pencak silat, Topeng banjet, Wayang golek, Ketuk tili dan lain-lain. Tahun 1976, Jaipong tumbuh pesat dimulai dengan adanya rekaman instrumen sederhana yang terdiri dari. Gendang, Goong, Ketuk, […]
error: Content is protected !!