Perkotaan Garut Dikepung Banjir Setelah Diguyur Hujan Sejak Sore Hari

Kabar Garut – Kawasan perkotaan Garut dikepung banjir setelah hujan deras mengguyur kawasan tersebut sejak Rabu (31/3/2021) sore. Sejumlah rumah terendam banjir termasuk salah satu pondok pesantren.

Hingga Rabu (31/3/2021) pukul 21.56 WIB, banjir dikabarkan terjadi di beberapa titik di wilayah Kecamatan Tarogong Kaler dan Tarogong Kidul.

Salah satu titik banjir berada di kawasan Pondok Pesantren Persis 99 Rancabango yang terletak di Jalan Kudangsari, Desa Rancabango, Tarogong Kaler.

“Di lokasi ini ada 7 unit rumah yang terendam dengan ketinggian air sekitar 50 cm. Ada juga 11 ruangan di pondok pesantren yang terendam oleh air setinggi 10 Cm,” ucap Kabid Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Garut Tubagus Sofyan.

Di kawasan ini, banjir terjadi setelah Sungai Ciojar yang ada tepat di samping bangunan Ponpes meluap. Luapan sungai diakibatkan debit air yang cukup deras ditambah saluran air yang tersumbat.

Air meluap ke jalanan hingga merendam beberapa bangunan yang ada di lokasi. “Air dari sungai meluap setinggi mata kaki akibat drainase yang tersumbat,” kata Kapolsek Tarogong Kaler Iptu Masrokhan.

Baca Juga :   (SAKATA) Karang Taruna Desa Saribakti Tanam Porang, Manfaatkan Lahan Kosong

Selain di kawasan tersebut, banjir juga menerjang rumah warga di Desa Cimanganten dan Desa Sirnajaya, Kecamatan Tarogong Kaler. Banjir di dua desa itu terjadi karena luapan air sungai.

Titik terparah berada di kawasan Cimanganten. Air setinggi sekitar 30 centimeter sempat merendam rumah warga.

Sementara di kawasan Kecamatan Tarogong Kidul, banjir merendam sejumlah rumah warga di Desa Haurpanggung. Selain itu, banjir juga terjadi di Kampung Tanjakan, Desa Mekargalih.

“Anggota kami bersama Polsek standby di lapangan untuk membantu masyarakat mengevakuasi air yang masuk ke dalam rumah,” ucap Danramil 1111/Tarogong Kapten Infanteri Dedi Saepuloh.

Pihak BPBD masih melakukan inventarisir baik kerugian maupun korban jiwa atas kejadian bencana yang berlangsung di beberapa wilayah di Garut. Hingga saat ini, belum ada informasi korban jiwa yang diterima oleh pihak Pemda.

“Saat ini baru dua daerah yang melaporkan kejadian bencana alam. Kami masih melakukan inventarisir,” tutup Tubagus.

Artikel Ini Telah Tayang Juga di news.detik.com dengan Judul: Diguyur Hujan Sejak Sore, Perkotaan Garut Dikepung Banjir

Editor: Kabar Garut

Bagikan :

Next Post

Penjagaan Polres Garut Diperketat untuk Menghindari Hal yang Tidak Diinginkan

Kam Apr 1 , 2021
Kabar Garut – Penjagaan pintu keluar masuk markas Kepolisian Resort Garut, Jawa Barat diperketat, setelah penyerangan gedung Mabes Polri siang tadi. Seluruh tamu yang masuk diperiksa ketat, untuk menghindari hal yang tidak diinginkan. Kapolres Garut AKBP Adi Benny Cahyono mengatakan, setelah informasi mengenai penyerangan terduga teroris di kompleks Mabes Polri itu menyebar luas, pihaknya langsung meningkatkan pengamanan. […]
error: Content is protected !!