Perdana, Pemda Garut Berbenah Jelang Vaksinasi Covid-19

Kabar Garut – Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Garut, Jawa Barat terus berbenah menyiapkan pelaksanaan vaksinasi Covid-19 perdana, yang diagendakan Sabtu (30/1/2021) mendatang.

Dalam rapat koordinasi yang dilaksanakan seluruh SKPD dan unsur TNI–Polri, pelaksnaan vaksin Covid-19 perdana akan dilaksanakan dalam beberapa tahapan. Dimulai unsur-unsur pimpinan daerah seperti Bupati, Wakil Bupati, para Kepala Dinas, SKPD, termasuk influencer dan selebgram.

Asisten Pemerintahan Umum dan Kesra Setda Kabupaten Garut, Nurdin Yana, menyatakan pelaksanaan kick-off vaksinasi akan dilakukan paling lambat hari Sabtu (30/1/2021) mendatang.

“Mungkin kita lihat, mudah-mudahan misalkan Kamis masuk, kita bisa laksanakan hari Jumat,” ujarnya Rabu (27/1/2021).

Saat ini, sekitar 550 Kabupaten/Kota se-Indonesia masih memasukkan data seluruh warga yang akan mendapatkan vaksin Covid-19.

“Ini juga kendala, apakah nanti sistemnya akan berjalan dengan baik atau servernya tidak muat juga persoalan,” ujar dia.

Sesuai Standar Operating Procedure (SOP) yang telah ditentukan pemerintah, setiap warga yang ikut vaksinasi, wajib melakukan pendaftaran atau input sistem menggunakan KTP dan nomor ponsel, untuk mendapatkan e-ticket sebagai tiket vaksin.

Baca Juga :   Subhan Fahmi Dukung Perda Kepemudaan: 'Pemkab Garut Hadir dan Berpihak Kepada Pemuda!'

Nurdin mengaku, sejumlah persiapan vaksinasi masih jauh dari ideal. Saat ini, tenaga kesehatan (nakes) yang terlatih melaksanakan vaksin baru 81 orang. Padahal, berdasarkan luasan wilayah Garut di 42 kecamatan, ada sekitar 80 titik pelaksanaan vaksinasi.

“Idealnya satu wilayah itu ada 4, jadi 80 kali 4 seharusnya 320, ini sementara sekarang baru 81,” ungkap dia.

Dinas Kesehatan Garut telah menyiapkan tempat pelaksanaan vaksinasi Covid-19 di 67 puskesmas, 6 rumah sakit, dan 26 klinik. Dengan sasaran puskesmas 3.963 sasaran, rumah sakit 2.652 sasaran, dan klinik 963 sasaran.

Selain itu, mereka juga telah menyiapkan sarana penyimpanan vaksin terdiri dari 80 refrigator dan 100 vaccine carrier, dan 12.200 single dos vaksin Covid-19 beserta alat penunjang lainnya seperti APD (Alat Pelindung Diri).

Namun meskipun demikian, Nurdin memastikan seluruh persiapan vaksinasi Covid-19 perdana di Garut bisa kelar hingga akhir pekan ini.

“Antisipasi kita kalaupun memang di saat terburuk misalkan ya, paling lambat sabtu harus sudah selesai,” ujar dia.

Sumber : www.liputan6.com

Editor : Kabar Garut

Bagikan :

Next Post

Domba Tangkas Garut Seharga Rp375 Juta, Kisah Pasutri Pemilik Si Gehger

Jum Jan 29 , 2021
Kabar Garut – Bagi masyarakat Garut, Jawa Barat, memelihara domba tangkas atau yang biasa ikut laga tangkas adalah kebanggaan. Selain mempertahankan tradisi, investasi domba Garut adu juga memberikan keuntungan menggiurkan. Tak percaya, lihat saja harga domba adu si Gehger yang berusia 3 tahun, sudah ditawar Rp375 juta, kemudian si Robin, […]
error: Content is protected !!