Penyalah Gunaan Obat Terlarang, Polres Garut Tangkap 81 Orang

kabargarut.com – Polres Garut mengamankan 81 orang karena kedapatan sedang bertransaksi membeli obat obatan terlarang di sebuah ruko di kawasan Bunderan Suci Kecamatan Karangpawitan Kabupaten Garut, Jawa Barat, Jumat 18 Juni 2021.

Tempat transaksi yang berada di kawasan Bunderan Suci Kecamatan Karangpawitan Kabupaten Garut, tidak jauh dari Kantor Polres Garut.

Menurut Kapolres Garut AKBP Wirdhanto Hadicaksono menyebutkan dua orang diantaranya berperan sebagai penjual sekaligus pengedar, berhasil diamankan dan ditetapkan sebagai tersangka.

“Dua orang penjual dan pengedar berhasil kami amankan beserta 79 orang yang sedang melaksanakan transaksi,” ungkapnya.

Wirdhanto menjelaskan ada tiga jenis obat keras yang berhasil diamankan diantaranya Tramadol HCI dengan total 1.884 butir.

Penangkapan ini sebelumnya merupakan kegiatan operasi premanisme dalam rangka menciptakan situasi Kamtibmas di tengah pandemi Covid-19.

“Karena kami yakin dari masalah premanisme ini bisa berasal dari adanya penggunaan obat-obatam terlarang yang bisa beralih pada tawuran maupun balap liar, maupun begal,” ucapnya

Baca Juga :   Dari Garut Untuk Dunia, Inilah 5 Fakta Coklat Silver Queen Yang Mungkin Kamu Tidak Tahu

Kata Wirdhanto saat ini puluhan orang tersebut sedang dilakukan tes urin untuk proses hukum lebih lanjut.

“Jika ada yang positif akan kami tindak lanjuti sesuai hukum, namun apabila tidak memenuhi hukum pidana, kami akan lakukam pembinaan lebih lanjut,” katanya.

Wirdhanto menyebutkan kedua tersangka yang berinisial AR (30) dan SU (30) adalah penjual sekaligus pengedar merupakan orang yang cukup terkenal sebagai suplayer obat-obatan terlarang di Kabupaten Garut.

Pasal yang disangkutkan tersangka, yaitu yang pertama pasal 98 Juncto 183 UU kesehatan dan pasal 83 terkait UU tenaga kesehatan dengan ancaman pidana maksimal 15 tahun penjara.

***

Artikel ini telah tayang di :
https://jurnalgarut.pikiran-rakyat.com/berita-garut/pr-332077703/81-orang-diamankan-akibat-salah-gunakan-obat-terlarang-tempat-transaksi-dekat-mako-polres

Bagikan :

Next Post

Pandemi Memaksa Pengusaha UMKM di Garut Putar Otak Cari Cara Penjualan Baru

Sab Jun 19 , 2021
kabargarut.com – Pandemi Covid-19 berdampak langsung terhadap para pengusaha UMKM di Kabupaten Garut, Jawa Barat. Sejumlah pengusaha pun harus memutar otak agar bisa bertahan. Jika tak pintar berinovasi, bisa jadi penurunan omset terus terjadi. Paling tak diinginkan, usaha yang dilakoni bangkrut. Lutfi Muhammad Sidik pemilik Astiga Leather, perusahaan yang berkecimpung […]
error: Content is protected !!