Penuh Cita Rasa, 12 Makanan Khas Garut Selain Dodol

Kabar Garut – Tak hanya melulu dodol. Garut merupakan sebuah kabupaten di Jawa Barat yang berbatasan dengan Sumedang, Bandung, Majalengka, dan Bandung. Jika mendengar Garut, makanan yang pertama terlintas pasti adalah dodol.

Dodol memang menjadi makanan yang sangat terkenal di Garut. Makanan khas Garut ini bahkan dikenal di seluruh penjuru Nusantara. Dodol Garut sudah lama dan sering menjadi buah tangan para pelancong. Namun selain dodol, masih banyak makanan khas Garut yang tak kalah memanjakan lidah.

Makanan khas Garut umumnya terpengaruh oleh kuliner Sunda. Ada banyak jenis makanan khas Garut mulai dari makanan berat, kue, hingga camilan untuk oleh-oleh. Makanan khas Garut ini juga punya keunikan sendiri yang tak dimiliki makanan lainnya.

Makanan khas Garut ini juga bisa jadi pilihan oleh-oleh selain dodol. Berikut 12 makanan khas Garut selain dodol:

Soto Garut

Soto menjadi kuliner khas Indonesia dengan beragam cita rasa. Tiap daerah bisa memiliki kuliner sotonya sendiri, tak terkecuali Garut. Soto Garut merupakan soto ayam dengan cita rasa gurih dan rempah yang kuat. Tak seperti soto ayam yang bening, soto ayam Garut memiliki kuah pekat karena campuran santannya. Soto Garut biasanya disajikan bersama taburan kedelai goreng dan disantap bersama nasi hangat.

Baso Aci

Makanan khas Garut yang tak boleh dilewatkan adalah baso aci. Baso ini terbuat dari tepung kanji yang diisi dengan daging. Rasa baso aci menyerupai cilok dengan kuah super pedas. Makanan khas Garut biasanya juga diberi tambahan ceker ayam atau daging ayam.

Sambal Cibiuk

Cibiuk merupakan sebuah kecamatan di Kabupaten Garut. Daerah ini sangat terkenal dengan olahan sambalnya. Sambal Cibiuk terbuat dari cabai hijau, tomat hijau, serawung, dan rempah lainnya.

Pindang Ikan

Garut juga terkenal dengan olahan pindangnya. Sekilas pindang ikan Garut sama seperti pindang pada umumnya. Namun, dengan teknik memasak dan bumbu rempah yang khas, pindang ikan khas Garut bisa membuat orang yang mencicipinya ketagihan. Pindang ikan Garut biasanya menggunakan ikan mas yang direbus dengan bumbu khusus.

Baca Juga :   Jajang Riyadi, Pelopor Nasi Liwet Domba Dari Garut Upayakan Produknya 'Go International'

Burayot

Burayot merupakan jajanan tradisional Garut yang terbuat dari tepung beras, gula merah dan kacang tanah. Burayot memiliki bentuk unik yang bundar dan keriput. Burayot memiliki cita rasa manis dan gurih.

Ladu

Makanan khas Garut selanjutnya adalah ladu. Ladu merupakan camilan berbahan ketan dengan rasa yang legit. Ladu terbuat dari ketan dengan campuran gula aren dan parutan kelapa. Tekstur ladu mirip dodol namun agak kasar dan keras.

Dorokdok

Dorokdok merupakan olahan kerupuk kulit yang terkenal di Garut. Kulit yang digunakan biasanya kulit sapi atau kerbau terbaik. Dorokdok menjadi oleh-oleh khas Garut yang banyak diburu para pelancong. Dorokdok diproduksi dengan beragam rasa, mulai dari original hingga super pedas.

Emplod

Makanan khas Garut yang bisa dijadikan oleh-oleh selanjutnya adalah emplod. Emplod merupakan camilan yang terbuat dari singkong dengan rasa gurih dan renyah. Emplod juga biasa disebut dengan endog lowo karena bentuknya yang bulat seperti telur. Emplod tersedia dalam beragam rasa mulai dari gurih, manis, hingga pedas.

Opak

Opak terbuat dari tepung beras/ketan yang diberi bumbu garam, gula, kelapa parut dan bumbu penyedap. Opak memiliki rasa gurih yang renyah dan cocok dijadikan oleh-oleh. Opak yang cukup terkenal di Garut adalah opak yang bermerk “Bungbulang”.

Jeruk Garut

Garut juga memiliki jeruk khasnya sendiri. Jeruk Garut kerap jadi pilihan oleh-oleh para pelancong. Jeruk Garut punya rasa asam yang khas. Jeruk Garut punya masa panen sepanjang tahun. Ini membuat jeruk ini bisa didapat kapan saja. Jeruk Garut banyak ditemui di daerah Situgede, Cigedug, Garut.

Artikel ini dimuat juga pada hot.liputan6.com dengsan judul “12 Makanan Khas Garut Selain Dodol, Penuh Cita Rasa”

Editor : Kabar Garut

Bagikan :

Next Post

Sudah Mencoba Daftar 6 Bakso Legendaris di Garut?

Rab Feb 24 , 2021
Kabar Garut – Musim surudan alias musim makan saat libur lebaran idul fitri telah tiba. Deretan gerai makanan mulai menengguk laba besar, tak terkeculi pedagang mi bakso di Garut, Jawa Barat. Mereka tengah ‘panen’ untung besar dengan membanjirnya konsumen yang datang. Pembeli rela berdesakan hingga ngantri, layaknya deretan kendaraan di […]
error: Content is protected !!