Pengamanan Natal dan Tahun Baru 2021, Polres Garut Polda Jabar Gelar Operasi Lilin Lodaya 2020

Kabar Garut – Sebagai wujud kesiapan pengamanan perayaan Natal untuk umat Nasrani dan Tahun baru 2021, Polres Garut Polda Jabar melaksanakan gelar Operasi lilin lodaya 2020 di halaman Mako Polres Garut, Senin (21/12/2020). Gelar operasi tersebut di lakukan sebagai wujud keseriusan Sinergitras Polri dengan Forkompimda dalam melakukan pengamanan hari raya natal umat kristiani dan tahun baru khusus nya di Wilayah Kabupaten Garut.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Kapolres Garut AKBP Adi Benny Cahyono, SH, SIK, M Si, selaku Inspekrur upacara, unsur Forkompimda, PJU Polres Garut, Para kapolsek dan peserta upacara dari Batalyon 303, Kodim 0611, Kompi A Brimob, Sat Samapta, Sat lantas, perwakilan polsek, gabungan reserse dan intelkam, sat pol PP, Dishub, Senkom serta anak sekolah PKS.

Kapolres Garut AKBP Adi Benny Cahyono, SH, SIK, M Si, membacakan sambutan Kapolri pada pelaksanaan Operasi Lilin Lodaya 2020, bahwa operasi dilaksanakan selama 15 hari mulai tanggal 21 Desember 2020 sampai tanggal 4 januari 2021. Dalam pengamanan, lanjut Kapolres, tidak boleh dianggap sebagai agenda tahunan, sehingga cenderung under estimate dan kurang waspada terhadap dinamika perkembangan masyarakat di masa pandemi Covid-19.

“Kita harus lebih peduli jangan sampai Perayaan natal dan tahun baru menjadi Klaster Klaster baru penyebaran virus Covid-19,” tutur Kapolres.

Guna mendukung dalam dalam keberhasilan pelaksanaan, sambung ia, tugas lakukan sebagai berikut, pertama kesiapkan mental dan fisik serta jaga kesehatan niatkan tugas sebagai ibadah kepada Tuhan Yang Maha Esa. Kedua, lakukan deteksi dini dengan memetakan dinamika dan fenomena yang berkembang sebagai langkah antisipasi sedini mungkin untuk mencegah aksi yang meresahkan masyarakat. Yang ketiga, tingkatkan kepekaan kewaspadaan dan kesiap siagaan dalam melaksanakan pengamanan dan antisipasi terhadap kemungkinan terjadinya aksi teror dan kriminalitas yang memanfaatkan momentum natal dan tahun baru.

Baca Juga :   Hingga Kini Belum Ditemukan, Guru SD di Cibalong Garut Terseret Ombak Saat Mancing

“Yang Keempat, laksanakan pengamanan secara profesional dan humanis, berikan pelayanan terbaik, lengkapi sarana prasarana serta lakukan penugasan anggota dengan buddy system,” paparnya.

Untuk yang kelima, lanjut Kapolres Benny, melaksanakan penegakan hukum secara profesional serta bertindak secara tegas namun sumanis terhadap setiap pelanggaran hukum yang berpotensi menimbulkan gangguan kamtibmas. Keenam, memantapkan kerja sama, sinergi, dan soliditas para pihak yang terlibat demi leberhasilan pelaksanaan operasi.

“Terakhir yang ketujuh, tetaplah menjadi teladan bagi keluarga, rekan dan masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan mencegah penyebaran covid 19 dengan 3M, mencuci tangan, memakai masker, menjaga jarak serta menerapkan pola hidup sehat dan bersih,” tandas Kapolres Garut.

Dalam ahir sambutan, ia mengatakan, sekecil apapun peran yang diberikan, itu akan memberi catatan sejarah bagi perjalanan hidup.

“Suatu saat bisa kamu torehkan dan ceritakan kepada anak cucumu kelak. Selamat hari raya Natal 2020 dan tahun baru 2021,” pungkasnya.

Sumber :Harian Garut

Editor : Kabar Garut

Bagikan :

Next Post

Polres Garut Musnahkan Ribuan Botol Miras,Jelang Natal dan Tahun Baru serta Libur Panjang

Sen Des 21 , 2020
Kabar Garut – Sebanyak 2.800 botol minuman keras (miras) berbagai merk dan jenis berhasil disita jajaran Polres Garut dari berbagai lokasi dalam kurun waktu dua bulan terakhir untuk dimusnahkan. “Sekarang yang kami musnahkan 2.800 botol miras dari berbagai jenis dan merk, sebagiannya lagi kami serahkan ke Polda Jabar,” kata Kapolres […]
error: Content is protected !!