Pengadilan Agama Garut Gelar Sidang Itsbat Nikah Tahun 2021

Kabar Garut – Pengadilan Agama Kabupaten Garut gelar Sidang Itsbat Nikah tahun 2021. Sidang dilakukan di gedung Pengadilan Agama Kelas 1A dengan tiga gelombang yang diikuti oleh 50 pasangan suami-istri (Pasutri) dari 14 Kecamatan se-Kabupaten Garut.

Nampak antusiasme warga (peserta) terpancar demikian sumringah. Hal ini dikarenakan mereka akan mengikuti kegiatan Sidang Itsbat Nikah yang diselenggarakan di Pengadilan Agama. Karena dengan Itsbat, perkawinan mereka menjadi memiliki kekuatan hukum dengan terbitnya buku nikah sah secara negara.

Hal ini akan menjamin baik pasutri ataupun keturunannya (anak-anaknya) tercatat di administrasi negara yang akan menjadi syarat untuk mengurus dokumen kependudukan yang lainnya. Dengan buku nikah hak perempuan dan anak semakin terjamin, terhindar dari praktek-praktek yang bisa merugikan pihak perempuan dan anak.

Pantauan media, pada sidang Itsbat gelombang kedua yang diikuti oleh 18 pasang yang berasal dari Kecamatan Cisewu, Cikajang, Cisurupan, Peundeuy, Tarogong Kidul dan Bayongbong.

Salah seorang peserta Itsbat Nikah gelombang 2, dari Desa Cikandang, Kecamatan Cikajang, Asep Burhanudin menuturkan, ia sangat merasa terbantu dengan adanya Sidang Itsbat Nikah tersebut.

“Sumuhun, abdi kabantos pisan kuayana Itsbat nikah, pun anak tiasa ngadamel akte lahir. Margi salah sawios syarat ngadamel akte kedah aya buku nikah (Betul, saya merasa terbantu sekali dengan adanya Itsbat Nikah, anak saya bisa membuat dokumen akta lahir. Karena salah satu syarat membuat akta lahir dengan adanya buku nikah orang tua,” tutur Asep, Jum’at (16/04/2021).

Baca Juga :   Takut Menimbulkan Kegaduhan di Sekitar, Seorang Pasien COVID-19 Diantar Petugas Dengan Sepeda Motor

Sementara Kepala Bidang Pemberdayaan Perempuan, Dinas PPKBPPPA Kabupaten Garut, Iryani menyampaikan, bahwa sidang Itsbat tahun ini terlaksana atas kerjasama DPPKBPPPA, Pengadilan Agama dan Motivator Ketahanan Keluarga (Motekar) Kabupaten Garut.

“Saat ini telah memasuki tahun ketiga pelaksanaannya. Saya berharap setiap tahun bisa menyelenggarakan kegiatan yang sama dengan kuantitas yang lebih banyak,” ucap Iryani.

Motekar Kecamatan Cisewu, Epni yang mendampingi kegiatan Itsbat, menyampaikan hal serupa. Ia menyampaikan ucapan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu kelancaran program.

“Terima kasih untuk semua pihak yang telah turut serta mensukseskan program Itsbat Nikah ini dan juga bisa bersinergi dengan tugas kami (Motekar) dilapangan,” ungkapnya.

Artikel Ini Telah Tayang Juga di hariangarutnews.com dengan Judul: Pengadilan Agama Garut Gelar Sidang Itsbat Nikah untuk 50 Pasutri

Editor: Kabar Garut

Bagikan :

Next Post

Untuk Hidupi Dua Istri, Kades di Garut Korupsi Dana Desa dan Dihukum 6 Tahun Bui

Sab Apr 17 , 2021
Kabar Garut – Eri Susanto, kepala desa asal Bayongbong, Kabupaten Garut, divonis bersalah dalam kasus korupsi dana desa yang menjeratnya. Eri dihukum 6 tahun bui atas kejahatannya itu. Hal tersebut diungkap Kajari Garut Sugeng Hariadi. Menurut Sugeng, majelis hakim di PN Tipikor Bandung memvonis Eri bersalah dalam kasus tersebut. Vonis, kata Sugeng, […]
error: Content is protected !!