1 Maret 2021

KABAR GARUT

Menyajikan Fakta dan Realita Seputar Garut

Pemkab Siap Kerjasama dengan ACT Bidang Ketahanan Pangan, Ungkap Wabub Garut

Kabar Garut – Wakil Bupati Garut dr Helmi Budiman, menerima kunjungan secara langsung silaturahmi Aksi Cepat Tanggap (ACT) Garut diruangan kerjanya, Senin (11/01/2021). Turut dihadiri, Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Garut, Enok Rihawati, Sekretaris Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Garut, Nurrodhin dan Perwakilan Dinas Pertanian.

Dalam kesempatan ini ACT menawarkan kerjasama dalam hal ketahanan pangan di Garut. Program yang lakan dikerjasamakan diantaranya wakaf ternak produktif, lumbung pangan wakaf dan wakaf usaha mikro serta sahabat usaha mikro (Sahabat Umi).

“Diharapkan dengan dilakukannya kerjasama ini bisa menurunkan angka kemiskinan, membantu untuk pelatihan UMKM dan kemiskinan dipetani menurun. Sasaran dari program ini adalah membantu warga miskin, lansia, terdampak bencana dan kedepannya mudah-mudahan penerima manfaat setelah jadi mustahiq tapi bisa jadi muzakki,” tutur Kepala Cabang ACT Garut Mochamad Dani Ramdani.

Sementara, Wakil Bupati Garut dr Helmi Budiman, usai menerima kunjungan ia menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasi atas program yang ditawarkan ACT Garut.

Baca Juga :   Dinas Perikanan dan Peternakan (Diskannak) Garut Gelar Sosialisasi dan Penguatan Kelembagaan Kelompok Ternak

“Atas nama pemerintah Kabupaten Garut, akan siap bekerja sama dan secepatnya bisa terealisasi,” ucap Helmi.

Hal senada juga disampaikan pihak dari dinas ketahanan pangan, dinas koperasi dan UKM serta dinas pertanian yang ikut hadir dalam acara tersebut, mereka juga siap berkolaborasi dengan program yang ditawarkan.

Dalam pembahasan, bahwa rencana untuk daerah yang akan menjadi pilot project ini adalah wilayah Garut selatan. Karena Indeks pertanianya masih rendah dan sumber daya airnya masih kurang. Selain itu Dinas Pertanian Garut juga sudah ada teknologi penyuluh pendamping yang bersinergi dengan provinsi yaitu sumur dangkal, penggunaan pupuk sesuai dengan dosis dan teknologi dalam penanganan hama ada brigade TOPT dengan alat dan penanganan hama penyakit.

Sumber : hariangarutnews.com

Editor : Kabar Garut

Bagikan :
error: Content is protected !!