26 Februari 2021

KABAR GARUT

Menyajikan Fakta dan Realita Seputar Garut

Pemkab Garut Prioritaskan 6.563 Orang, Jawa Barat Dikabarkan Terima Vaksin Covid-19 Hari Ini

Kabar Garut – Tenaga kesehatan akan menjadi prioritas dalam pemberian vaksin Covid-19 di Kabupaten Garut. Untuk kebutuhan vaksinasi tahap pertama di Garut, Pemkab Garut sendiri sudah mengajukan 6 ribu lebih vaksin Covid-19 ke Kementerian Kesehatan RI.

Menurut Sekretaris Dinas Kesehatan (Dinkes) Garut, Leli Yuliani, mengingat jumlahnya yang sangat terbatas, untuk tahap awal akan ada prioritas pemberian vaksin. Tenaga kesehatan akan menjadi yang pertama yang akan mendapatkan vaksin Covid-19 di Kabupaten Garut.

“Untuk tahap awal, vaksin Covid-19 akan diberikan kepada para tenaga kesehatan di Garut ini,” ujar Leli, Senin 4 Januari 2021.

Dikatakannya, sesuai hasil pendataan, jumlah tenaga kesehatan di Kabupaten Garut saat ini mencapai 6.563 orang. Untuk memenuhi kebutuhan vaksin mereka, Dinkes Garut sudah mengajukan vaksin ke Kemenkes sesuai jumlah tersebut.

Namun diakui Leli, sampai saat ini pihaknya belum bisa memastikan berapa jatah vaksin yang akan didapatkan Kabupaten Garut pada tahap awal ini. Ia berharap vaksin yang akan didapatkan sesuai dengan apa yang telah diajukan agar seluruh tenaga kesehatan di Garut mendapatkan vaksin.

Leli menyampaikan, sampai hari ini pihaknya masih menunggu kepastian berapa vaksin yang akan didistribusikan Kemenkes untuk Garut pada tahap pertama ini. Selain itu, sampai hari ini vaksin yang sudah didistribusikan Kemenkes memang masih belum sampai ke Garut.

Baca Juga :   Anggota DPRD Garut Dapatkan Vaksin Covid-19, Awal Maret 2021

Diungkapkannya, apabila ternyata vaksin yang didistribusikan ke Garut tak sesuai pengajuan, maka pihaknya telah menyiapkan alternatif lain. Tenaga kesehatan yang akan diprioritaskan untuk mendapatkannya yakni yang secara langsung menangani pasien Covid-19.

“Harapan kita memang jumlah yang didapatkan sesuai dengan jumlah tenaga kesehatan atau sesuai ajuan kita. Namun apabila ternyata tak sesuai, maka kita akan prioritaskan tenaga kesehatan yang secara langsung menangani pasien Covid-19 mengingat tingkat kerentanan terpaparnya lebih tinggi,” katanya.

Lebih jauh Leli menyebutkan, sesuai informasi yang didapatkannya, Satgas Penanganan Covid-19 Jawa Barat memastikan akan segera mendapatkan distribusi vaksin Sinovac tahap pertama. Vaksin tersebut sudah dilepas secara resmi oleh Kemenkes RI pada Minggu 3 Januari 2021.

“Berdasarkan keterangan Ketua Harian Satgas Covid-19 Jabar, Daud Ahmad, vaksin tahap pertama rencananya akan diterima Dinas Kesehatan Jabar pada Selasa (5 Januari 2021). Mudah-mudahan jadwalnya sesuai sehingga Kabupaten Garut juga bisa secepatnya mendapatkannya,” ucap Leli.

Sumber : Pikiran Rakyat

Editor : Kabar Garut

Bagikan :
error: Content is protected !!