Pemkab Garut Buka Akses Jalan Baru ke Destinasi Wisata Candi Cangkuang, Hindari Kemacetan

Kabar Garut – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Garut melakukan pembangunan jalan yang ditujukan sebagai kemudahan akses menuju objek wisata Situ dan Candi Cangkuang di Kecamatan Leles.

Pembangunan jalan baru ini, dikarenakan jalan yang sudah ada sebelumnya dinilai sempit, begitupun sering menyebabkan kemacetan.

Hal tersebut disampaikan Kepala Bidang Infrastruktur dan Pengembangan Wilayah Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Garut Wildan Ramdani di Garut, Kamis, 28 Januari 2021, ia menyampaikan jalan baru tersebut akan menghubungkan langsung ke jalan wisata Situ dan Candi Cangkuang.

“Jalan baru itu akan menghubungkan langsung ke Cangkuang dan sementara ini kendaraan dari jalan provinsi Bandung-Garut agak kesulitan akses mau ke Cangkuang,” kata Wildan.

Ia menuturkan Pemkab Garut saat ini sedang melakukan tahapan proses pembangunan jalan alternatif, yang menghubungkan dari jalan raya Bandung-Garut ke Situ Cangkuang, Kecamatan Leles.

Wildan mengatakan bahwa selama ini, akses jalan untuk menuju objek wisata Situ Cangkuang cukup sempit, dan seringkali terjadi kemacetan terutama saat musim ramai wisatawan yang berkunjung ke Garut.

“Jalannya kecil selalu macet dan bus juga agak sulit masuk maka dengan jalur ini jalannya lebih besar masuknya justru lebih dekat dari Kadungora-Leles,” kata Wildan, sebagaimana dikutip Pikiran-Rakyat.com dari laman Antara.

Baca Juga :   Bupati Rudy Optimistis Garut Bisa Melesat, Punya Sekda Baru

Selain membangun akses jalan, Pemkab Garut melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Garut sedang membenahi kawasan wisata di Situ Cangkuang.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Garut Budi Gan Gan mengatakan, saat ini sedang direncanakan penambahan spot baru agar lebih menarik dan membuat wisatawan nyaman selama berwisata.

“Kita sedang membenahi tempat wisata yang salah satunya di Cangkuang akan ada beberapa spot yang menarik,” kata Budi.

Sementara itu, Pemkab Garut saat ini membangun beberapa jalan baru yang terhubung dengan sejumlah objek wisata untuk mencegah titik kemacetan di jalan utama Garut.

Jalan yang saat ini sedang dibangun yakni diantaranya, Jalan Kadungora-Leuwigoong, Jalan Lingkar Leles, Jalan Lingkar Cipanas, dan Jalan KH Musadaddiyah-Sudirman.

Selain di wilayah perkotaan, Pemkab Garut juga membangun jalan baru di wilayah selatan Kabupaten Garut yang menghubungkan sejumlah kecamatan.

Salah satu proyek jalan di wilayah selatan yang ditargetkan selesai 2021 yaitu jalan yang menghubungkan Kecamatan Peundeuy, Cisompet, dan Cibalong.

Sumber : www.pikiran-rakyat.com

Editor : Kabar Garut

Bagikan :

Next Post

Jadi Klaster Penyebaran Covid-19, Sebanyak Dua Pesantren di Bungbulang Garut

Sel Feb 2 , 2021
Kabar Garut – Klaster penyebaran covid-19 di lingkungan pesantren di Kabupaten Garut kini kembali muncul. Sedikitnya ada dua pesantren di wilayah Kecamatan Bungbulang yang kini menjadi klaster penyebaran Covid-19. Adanya dua pesantren di Bungbulang yang menjadi klaster penyebaran Covid-19 dibenarkan Camat Bungbulang, Caca Rifai. Dua pesantren tersebut yakni Pesantren Rajawali […]
error: Content is protected !!