Pemkab Garut Belum Mengambil Keputusan Mengenai KBM Tatap Muka di Sekolah

Kabar Garut – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Garut belum mengambil keputusan mengenai kegiatan belajar mengajar (KBM) tatap muka di sekolah. Adanya Surat Keputusan Bersama (SKB) Empat Menteri yang memberi kewenangan kepada daerah tak serta merta membuat Pemkab Garut memberi izin sekolah menggelar KBM tatap muka.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Garut, Totong mengatakan, pihaknya sudah melakukan kajian kesiapan sekolah untuk menggelar KBM tatap muka. Namun, hingga saat ini belum ada keputusan final mengenai hal itu.

“Nanti dirapatkan dengan Forkopimda. Tanggal 11 (Januari) keputusannya,” kata dia saat dihubungi Republika, Rabu (6/1).

Sebelumnya, ketika dihubungi pada November lalu, Totong mengaku belum dapat memastikan KBM Tatap Muka di Garut dapat dimulai pada awal Januari tahun depan. Namun, kemungkinan besar KBM tatap muka tak akan dilakukan hingga vaksinasi Covid-19 dilakukan kepada para siswa dan guru.

“Kunci kami itu di vaksin, di imunisasi. Kemungkinan besar kalau sudah divaksin, diimunisasi, baru bisa dilakukan KBM tatap muka,” kata dia.

Baca Juga :   Berbela Sungkawa Atas Meninggalnya Tenaga Kesehatan, Koordinator Gerakan Sosial Saya Siap Divaksin

Totong khawatir, jika KBM tatap muka dipaksakan berlangsung pada Januari 2021, justru akan timbul klaster baru di sekolah-sekolah. Sebab, klaster pendidikan di Garut sudah banyak yang muncul dari lingkungan pesantren.

Di sisi lain, Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Garut mencatat, angka kematian akibat Covid-19 di daerah itu menjadi yang paling tinggi di Jawa Barat. Berdasarkan data Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Kabupaten Garut hingga Selasa (5/1), kasus yang meninggal akibat Covid-19 berjumalah 158 orang, dengan rincian 38 orang suspek, satu orang probable, dan 119 orang terkonfirmasi positif.

Bupati Garut, Rudy Gunawan mengatakan, masyarakat harus meningkatkan kedisiplinan penerapan protokol kesehatan. Sebab, saat ini hanya dengan menerapkan protokol kesehatan masyarakat bisa terhindar dari penularan Covid-19.

“Hari ini angka kematian Covid-19 Kabupaten Garut menduduki peringkat ke satu di Jawa Barat,” kata dia melalui keterangan resmi, Rabu (6/1).

Sumber : Republika.co.id

Editor : Kabar Garut

Bagikan :

Next Post

Bupati Perintahkan Hal Ini, Garut Jadi Daerah dengan Kematian Covid-19 Tertinggi di Jabar

Kam Jan 7 , 2021
Kabar Garut – “Saya Rudy Gunawan, Bupati Garut, selaku Ketua Satgas Covid-19 Kabupaten Garut, menghimbau kepada seluruh warga Garut untuk meningkatkan kedisiplinan protokol kesehatan, di antaranya adalah menggunakan masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan pakai sabun. Karena pada hari ini angka kematian Covid-19 Kabupaten Garut menduduki peringkat ke satu di […]
error: Content is protected !!