26 Februari 2021

KABAR GARUT

Menyajikan Fakta dan Realita Seputar Garut

Pemerintah Desa Samida Selaawi Garut Gelar Pelatihan Menjahit Masker, Gandeng BLK Bandung

Kabar Garut – Sebagai rekanan Kementrian Tenaga Kerja Republik Indonesia (Kemenaker RI), Balai Latihan Kerja (BLK) Bandung, adakan pelatihan jahit di GOR Desa Samida, Kecamatan Selaawi, Kabupaten Garut, pada Senin (21/11/2020).

Saat dikonfirmasi, tim dari rekanan BLK Bandung, Jimi Melco, berharap, pelatihan yang digelar bisa berguna bagi warga masyarakat dalam meningkatkan taraf ekonomi.

“Kami adakan pelatihan ini, semoga bisa berguna untuk masyarakat diantaranya, pelatihan pembuatan masker, dari cara membuat polanya sampai cara menyablon dan pelatihan yang berhubungan dengan Covid-19 dan pemberdayaan masyarakat itu sendiri termasuk kemampuan masyarakat bagaimana caranya membuat masker,” ujar Jimi.

Ia juga berharap, setelah selesai pelatihan, masyarakat bisa mendapatkan uang tambahan dengan kemampuannya tersebut, dengan cara bergabung atau dengan cara sendiri-sendiri, juga ada kebijakan dari pemerintah desa ituh sendiri untuk mengembangkan kemampuan masyarakatnya.

“Harapan kami setelah selesai pelatihan ini masyarakat memiliki kemampuan ilmu untuk membuat masker dan siapa tahu bisa menjadi penghasilan tambahan buat mereka,” harapnya.

Kepala Desa Samida, Koko Koswara, menyampaikan ucapan terima kasih dengan program pelatihan yang digelar BLK Bandung untuk warganya. Ia berharap, dengan kemampuan masyarakat setelah adanya pelatihan, bisa mandiri dan meningkatkan ekonomi.

Baca Juga :   Seorang pecinta tanaman asal Garut, Barter Tanaman Hias dengan Rumah Rp 500 Juta

“Kami atas nama pemerintahan desa mengucapkan banyak terima kasih, program pelatihan menjahit terutama pada pelatihan pembuatan masker, ini besar manfaatnya bagi warga,” kata Koko.

Warga masyarakat yang ikut peserta platihan ini, lanjut Koko, bisa mendapatkan ilmu dan diharapkan kedepan ketika sudah ada kemampuan menjahit khususnya membuat masker, bisa mandiri dan menunjang kesejahteraan ekonomi untuk kehidupan sehari-hari.

Dijelaskan Kades Koko, peserta pelatihan ini dibagi dua termen dari 5 desa yang ikut pelatihan ini, termen pertama 48 orang dan termen berikutnya 48 orang, karena situasi saat ini masih masa pandemi Covid-19.

Peserta pelatihan, Ani (37) dari Kampung Barus Desa Samida, mengucapkan terima kasih kepada BLK Bandang dan Pemerintah Desa Samida. Ia mengaku senang dengan adanya pelatihan menjahit tersebut, karena bisa mendapatkan ilmu yang sangat besar sekali manfaatnya,

“Saya mendapatkan ilmu terutama ilmu di bidang jahit masker, bagaimana cara membuat masker, cara menyamblon dan lain-lain. Pokoknya saya merasa seneng banget dgn platihan ini,” pungkasnya.

Sumber : Harian Garut

Editor : Kabar garut

Bagikan :
error: Content is protected !!