1 Maret 2021

KABAR GARUT

Menyajikan Fakta dan Realita Seputar Garut

Pemerintah Desa Limbangan Timur Gelar Pelatihan Anggota Linmas, Tingkatkan Kamtibmas dan Kewaspadaan Dini

Kabar Garut – Pemerintah Desa Limbangan Timur, Kecamatan Bl Limbangan, gelar pelatihan kepada anggota Linmas dalam rangka penguatan tentang kewaspadaan dan stabilitas keamanan di lingkungan masing-masing dengan tema, Peningkatan Kapasitas dan Pembinaan Anggota Linmas, pada Rabu (30/12/2020).

Hadir dalam acara, Kepala Desa Limbangan Timur, Dede Sobarudin, Kasi Trantib Kecamatan Bl Limbangan, Gumilar, bhabinkamtibmas, babinsa serta para anggota Linmas sebagai peserta pelatihan.

Dalam sambutan sekaligus membuka acara pelatihan, Kepala Desa Limbangan Timur, Dede Sobarudin menyebutkan bahwa, kegiatan pelatihan penguatan anggota linmas terhadap kwaspadaan dan stabilitas keamanan ini dibiayai anggaran dana desa tahun 2020.

Sementara, Kasi Tantrib Kecamatan Bl Limbangan, Gumilar, mengatakan bahwa kegiatan tersebut hampir setiap tahun ini pun dilaksanakan. Ini, sambung Gumilar sebagai bukti perhatian kepala desa dengan digelarnya platihan untuk meberikan pencerahan apa saja tugas dan fungsi yang harus dilaksanakan oleh anggota linmas di lapangan.

“Kita pun berharap, para anggota linmas ini yang paling utama dalam perlindungan masyarakat, seperti kata kades tadi saat pembukaan acara. Ya dengan giat siskamling, membantu ketika ada bencana alam atau acara-acara dilingkungan menyangkut ketertiban masyarakat sesuai kebutuhan,” kata Gumilar.

Baca Juga :   Karena Gula Darahnya Naik, Bupati Garut Tak Jalani Vaksinasi Hari Ini

Pihak Forkopimcam, sambung Gumilar, menitipkan agar jangan sampai anggota linmas dalam membantu kamtibmas dalam suasana resepsi, jangan sampai ada anggota linmas mengambil sampai mencuci piring misalnya.

“Anggota linmas itu tugasnya fokus hanya menjaga keamanan dan ketertiban saja, karena anggota linmas adalah ujung tombak dilapangan menjaga kamtibmas,” tandasnya.

Anggota linmas itu juga, lanjut Gumilar, harus selalu berkoordinasi dengan pemerintahan stempat baik RT, RW, kepala desa, babinkantias, babinsa sampai ke pihak kecamatan atau Forkopimcam.

“Harapan kami sebagai Kasi Tantrib kecamatan kepada anggota linmas, harus lebih semangat untuk menjaga lingkungannya masing-masing, terutama khususnya yang ada di wilayah Desa Limbangan Timur, umumnya diwilayah Kecamtan Limbangan,” harapnya.

Terpisah, salah satu peserta pelatihan, Usup (43) dari Kampung Batu Karut, bersyukur bisa mengikuti acara peningkatan kapasitas dan pembinaan. Ia pun sampaikan ucapan terima kasih atas pembinaan-pembinaan baik dari pemerintah desa, bhabinkamtibmas, babinsa maupun kecamatan.

Sumber : Harian Garut

Editor : Kabar Garut

Bagikan :
error: Content is protected !!