Nakes di Garut Kejang-kejang Lalu Pingsan, Disuntik Vaksin Covid-19

Kabar Garut – Usai menjalani vaksinasi Covid-19, seorang tenaga kesehatan (nakes) di Kabupaten Garut mengalami kejang-kejang kemudian pingsan. Nakes tersebut diduga mengalami kejadian ikutan pascaimunisasi (KIPI). Ia kini menjalani perawatan di rumah sakit.

Peristiwa ini dibenarkan Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Garut Leli Yuliani. Menurutnya, berdasarkan laporan yang diterimanya, baru satu nakes yang mengalami KIPI.

“Ada laporan ke saya baru satu. Menurut laporan yang saya terima itu sempat kejang, dan akhirnya pingsan. Sekarang masih dirawat di rumah sakit,” kata dia saat dihubungi, Rabu (3/2/2021).

Diduga kuat, kondisi nakes tersebut kelelahan saat menjalani vaksinasi. Sebab, nakes itu habis jaga malam di tempatnya bekerja saat vaksinasi.

Namun, ia menambahkan, tim masih mencari tahu penyebab pasti kejadian tersebut. Saat ini, nakes tersebut masih diobservasi oleh tim.

Baca Juga :   Pemda Mendapuk Charly Van Houten Jadi Duta Gerakan Ayo Masuk Sekolah di Garut

“Kita sampai saat ini belum ada kesimpulan. Karena kan harus ada pemeriksaan lengkap,” kata Leli.

Ia menjelaskan, terdapat beberapa kemungkinan penyebab KIPI terjadi. Salah satunya, penerima vaksin memiliki penyakit penyerta yang tak disadarinya.

“Bisa saja ada penyakit penyerta tapi dia tidak tahu, tapi kesimpulannya masih dicari,” ujar dia.

Menurut dia, presentase terjadinya KIPI saat pelaksaan vaksinasi itu adalah 2:10.000. Artinya, kemungkinan terjadi KIPI sangat kecil. Karena itu, proses skrining sebelum vaksinasi diperlukan agar tak terjadi KIPI.

Artikel ini dimuat juga pada jabar.suara.com dengan judul “Disuntik Vaksin Covid-19, Nakes di Garut Kejang-kejang Lalu Pingsan”

https://jabar.suara.com/read/2021/02/03/153929/disuntik-vaksin-covid-19-nakes-di-garut-kejang-kejang-lalu-pingsan

Editor : Kabar Garut

Bagikan :

Next Post

Musrenbang Tahun Ini Harus Prioritaskan Percepatan Pemulihan Ekonomi, Fraksi PPP DPRD Garut

Kam Feb 4 , 2021
Kabar Garut – Hadir dalam gelar Musrenbang tingkat Kecamatan Sukaresmi, anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Garut Fraksi Persatuan Pembangunan, Hj Rini Sri Rahayu S Ag M Si, mengamanatkan agar usulan program selaras dengan visi misi Bupati atau Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Garut. “Saya tadi memberikan arahan kepada peserta Musrenbang, agar […]
error: Content is protected !!