Miris Sekali, Tim Medis Puskesmas di Garut Ini Lakukan Swab Ditempat Sampah

Kabar Garut – Sangat miris, dengan terbatasnya jumlah ruangan yang ada di Puskesmas Wanaraja, Kabupaten Garut, tim medis penanganan Covid-19, lakukan swab test kepada pasien positif Corona di ruang terbuka yang yang berdampingan dengan tempat pembuangan sampah.

Hal tersebut dibenarkan Kepala Puskesmas (Kapus) Wanaraja, Yeti Heryati, SKM MKM, bahwa di Puskemmas Wanaraja tidak memiliki tempat khusus untuk swab pasien Covid-19 yang memadai.

“Karena dalam pengambilan swab itu untuk memghindari kontak dengan yang lain, juga harus ada ruangan yang terbuka, sirkulasi udara bagus kemudian juga menjaga privasi dari pasien yang di swab, kalau digabungkan dengan yang lain banyak pasien umum,” ujar Yeti, saat ditemui di ruang kerjanya, Rabu (10/02/2021).

Baca Juga :   Tiga Daerah Terburuk Menerapkan Protokol Kesehatan Termasuk Garut

Kemudian, lanjut Kapus Yeti, kenapa pelaksanaan swab ditempat tersebut ia mengatakan, hanya tempat tersebut ruang terbukanya, tidak ada tempat lain dan juga terbatasnya ruang terbuka.

“Ruangan yang ada terbatas dan hanya untuk pelayanan umum biasa, tidak ada ruangan khusus untuk swab. Paling kedepannya dibuat skat agar tidak langsung terlihat dengan tempat sampah,” kata Yeti.

Yeti beralasan, dirinya mengambil kebijakan pelaksanaan swab ditempat tersebut, karena tidak ada alternatif tempat lain, tempat ruang terbuka yang tidak terlihat langsung oleh masyarakat umum berkaitan dengan privasi pasien positif Covid-19.

Artikel ini dimuat juga pada hariangarutnews.com dengan judul “Miris, Tim Medis Puskesmas di Garut Ini Lakukan Swab Ditempat Sampah”

Editor : Kabar Garut

Bagikan :

Next Post

Petakan Pemberlakuan PSBM, Satgas Covid-19 Kelurahan Kota Wetan Garut Kota

Kam Feb 11 , 2021
Kabar Garut – Satgas Covid-19 Kelurahan Kota Wetan, Kecamatan Garut Kota, rancang pemetaan pelaksanaan Pemberlakuan Pembatasan Sosial Bersekala Mikro (PSBM). Hal ini dimaksudkan untuk memutus rantai penyebaran Covid-19 yang akhir-akhir ini cenderung meningkat. Lurah Kota Wetan, Galih Mawariz, SE SIP M Si, saat ditemui diruang kerjanya mengatakan, dalam upaya antisipasi […]
error: Content is protected !!