Menerima Kunjungan Silaturahmi Kapolres Garut Sambut Hangat Pengurus Pokdarkamtibmas Bhayangkara

Kabar Garut – Kapolres Garut AKBP Benny Adi Cahyono SH SIK M Si menerima kunjungan silaturahmi dan menyambut hangat pengurus Pokdarkambtibmas Bhayangkara Polres Garut di Mako Polres Garut, Jalan Jendral Sudirman, Kecamatan Karangpawitan, Kabupaten Garut, Selasa (05/01/2021). Dalam kegiatan tersebut, Kapolres Garut turut didampingi Kasat Binmas Polres Garut Iptu Didi Sutardi dan Kanit Bintibmas Aipda Umar Taufik S.Sos.I

Dengan tetap memperhatikan protokol Covid-19, pengurus Pokdarkambtibmas menyampaikan laporan kegiatan anggota Pokdarkamtibmas yang berada di tingkat Sektor dan Sub Sektor yang tersebar di 42 Kecamatan. Seperti membantu Pemkab Garut, TNI/Polri selama masa Pandemi Covid-19, PAM Natal dan Tahun Baru, juga membahas persiapan pengamanan Pilkades Serentak yang akan digelar pada bulan Juni 2021.

Kapolres Garut AKBP Benny Adi Cahyono SH SIK M S i bersama Kasat Binmas Polres Garut Iptu Didi Sutardi sambut hangat kunjungan Pengurus Pokdarkamtibmas Bhayangkara Polres Garut, Selasa (05/01/2021).

Setelah menyampaikan ucapan terima kasih atas kunjungannya, Kapolres Garut mengatakan, Pokdar merupakan garda terdepan dalam menyelesaikan permasalahan di masyarakat, yang juga memiliki pengaruh yang lebih besar diimbangi dengan peran Bhabinkamtibmas guna hadir ditengah masyarakat sehingga melebur menjadi satu.

Selain itu, AKBP Benny Adi Cahyono berharap, kedepan para Kapolsek Jajaran dapat mengenal Pokdar lebih dekat sehingga tidak ada jarak, dan Kamtibmas di Kabupaten Garut semakin baik. Karena Pokdarkamtibmas, kata Kapolres, sebagai salah satu bentuk wadah forum yang membantu tugas kepolisian dengan penuh keikhlasan dan tanggung jawab untuk menjaga dan memelihara kamtibmas harus mendapat dukungan dari kepolisian, paparnya.

Ketua Pokdarkamtibmas Bhayangkara Polres Garut, Igie N Rukmana S.Kom sampaikan laporan kegiatan Tahun 2020 dan rencana kegiatan Tahun 2021 kepada Kapolres Garut.

“Terima kasih atas kunjungannya, dan salam buat anggota Pokdar yang lain, kami siap bersinergi dengan pihak manapun. Dengan adanya Pokdarkamtibmas, Polri sangat terbantu untuk menciptakan situasi yang kondusif. Kami percaya, terbentuknya Pokdarkamtibmas karena keikhlasan tokoh masyarakat dalam menjaga Kabupaten Garut yang aman dari segala bentuk gangguan. Kami juga berharap, masyarakat lainnya ikut serta dalam menciptakan situasi yang baik ini,” ujar Kapolres Garut.

AKBP Benny Adi Cahyono menambahkan, dirinya berpesan agar menjaga kekompakan antar sesama anggota Pokdarkamtibmas dan jaga jati diri sebagai Mitra Polri. Bangun hubungan baik dan sinergisitas dengan institusi Kepolisian serta stake holder lainnya dalam setiap kegiatan, tukasnya.

Baca Juga :   Polres Garut Turun Tangan, Geger Kabar 5 ABK Dibunuh di Tengah Laut

“Pengurus Pokdar harus menjadi teladan di tengah-tengah masyarakat dengan mematuhi segala peraturan yang berlaku. Bersama Pemerintah, TNI dan Polri jadilah garda terdepan dalam pendisiplinan sosial selama masa Adaptasi Kebiasaan Baru. Untuk pengurus setingkat Polsek, apabila ada Kapolsek, Kanit maupun Bhabinkamtibmas yang tidak bersinergi dengan Pokdar, agar langsung dilaporkan kepada saya,” pungkas Kapolres Garut.

Pengurus Pokdarkamtibmas Bhayangkara Polres Garut bersama Kasat Binmas Polres Garut.

Sementara dalam silaturahmi tersebut, Ketua Pokdarkamtibmas Igie N Rukmana S Kom memperkenalkan pengurus  Pokdarkamtibmas Resor Garut dan meminta kepada Kapolres untuk membimbing jajarannya karena Pokdarkamtibmas adalah mitra kepolisian. Dikatakan Igie, setiap ada permasalahan, Pokdarkamtibmas selalu mengarahkan untuk musyawarah, dalam menyelesaikan setiap persoalan di lapangan agar tidak terjadi konflik.

“Kami mengadakan kunjungan kepada Kapolres sebagai pembina Pokdarkamtibmas Polres Garut sekaligus menyampaikan laporan dan minta bimbingannya untuk seluruh pengurus Resor dan juga pengurus Sektor serta Sub Sektor. Sehingga kami dapat bekerja sesuai yang diamanatkan Skep Kapolri dan AD/ ART serta tujuan dari Pokdarkamtibmas yakni menjaga, sosialisasi dan memberikan informasi Kamtibmas ditengah masyarakat,” tandas Ketua Pokdarkamtibmas.

Igie sebagai ketua Pokdar Resor Garut dalam kunjungannya juga menyampaikan kepada Kapolres bahwa di beberapa Polsek sudah terbentuk pengurus Pokdarkamtibmas, namun belum semuanya dibentuk karena masih ada Kapolsek yang belum memahami Pokdarkamtibmas padahal kegiatannya sudah dijelaskan dalam Skep Kapolri Nomor 3 Tahun 2015.

“Setelah menyampaikan selayang pandang terkait kegiatan Pokdarkamtibmas, kami berharap agar bapak Kapolres mendorong pembentukan pengurus di tingkat Sektor atau Polsek. Karena selama ini hanya baru ada beberapa pengurus yang sudah terbentuk. Anggota Pokdarkamtibmas yang ada di Garut semdiri berasal dari tokoh masyarakat, tokoh pemuda, tokoh agama, praktisi hukum, akademisi dan mereka siap menjadi mitra Polri dalam menciptakan dan menjaga kamtibmas di Kabupaten Garut,” pungkas Igie.

Sumber : Harian Garut

Editor : Kabar Garut

Bagikan :

Next Post

Tingkat Kesembuhan Meningkat, Kematian Menurun Covid-19 di Jabar

Rab Jan 6 , 2021
Kabar Garut – Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menjelaskan perkembangan Covid-19 terakhir di Jabar. Di mana, per 4 Januari 2021, case recovery rate (CFR) atau tingkat kesembuhan sebesar 84,77 persen dan berada di atas rata-rata nasional sebesar 82,60 persen. “Tingkat kematian di Jabar (per 4 Januari 2021) adalah 1,33 persen. Sementara di […]
error: Content is protected !!