Menengok Pemandangan Lansekap Kecamatan Talegong, Bukit Lolongokan

Kabar Garut – Kecamatan Talegong adalah kecamatan paling barat di Kabupaten Garut (bersama Kecamatan Cisewu dan Caringin). Berbatasan langsung dengan Kabupaten Bandung dan Kabupaten Cianjur. Letaknya yang cukup jauh dari pusat kota Garut membuat kecamatan ini relatif jarang dikunjungi oleh orang-orang dari Garut Kota dan sekitarnya. Kebanyakan pengunjung malah datang dari arah Kabupaten Bandung untuk meneruskan perjalanan ke Kawasan Wisata Rancabuaya Nah, jika kalian punya kesempatan mengunjungi Talegong, pastikan kalian mampir di sebuah bukit dengan pemandangan hijau yang indah di sini: Bukit Lolongokan.

Longok yang berarti menengok memang kata yang pas untuk bukit ini. Kebanyakan pengunjung Bukit Lolongokan adalah mereka yang sedang dalam perjalanan menuju Rancabuaya. Jadi jika kalian akan pergi ke Rancabuaya via PAngalengan, pastikan kalian singgah dan menengok Bukit Lolongokan, untuk beristirahat, berfoto, dan menyapa warga sekitar. Letaknya juga dekat dengan Alun-alun Talegong yang khas dengan sebuah Gong besar di tengah-tengahnya.

Untuk mencapai Kecamatan Talegong dari Garut Kota, mungkin kalian harus menempuh perjalanan panjang yang melelahkan, melalui banyak jalan rusak dan sempit di beberapa kecamatan, seperti Bungbulang, Pamulihan, dan Pakenjeng. Tapi jika kalian berangkat dari arah Kabupaten Bandung, kalian bisa mengunjungi Talegong dan Bukit Lolongokan ini melalui Cukul, Pangalengan. Selain akses jalan yang sudah bagus, pemandangan di sepanjang jalan ini juga sangat indah.

Jika kalian datang dari arah Pangalengan, maka kalian akan menemukan Bukit Lolongokan ini tepat sebelum Alun-alun Talegong. Di bawah bukit ini ada beberapa warung nasi yang bisa kalian kunjungi untuk sekedar beristirahat dan mengisi perut. Kalian bisa menitipkan kendaraan di warung-warung ini dan berjalan sebentar untuk menaiki undakan-undakan tangga; menuju sebuah luasan yang merupakan menara pandang alami untuk menikmati panorama alam hijau Kecamatan Talegong.

Baca Juga :   Keindahan Yang Terbengkalai, Pantai Taman Manalusu

View pemandangan dari atas Bukit Lolongokan ini selain indah, juga sangat ikonik untuk dipotret. Sebagian besar pengunjung Kecamatan Talegong mendeskripsikan keindahan Talegong dengan foto pemandangan dari Bukit Lolongokan. Ke arah Alun-alun, kalian akan melihat jalan yang mulus meliuk-liuk diantara hijaunya pepohonan dan kebun-kebun warga. Sementara ke arah selatan, kalian bisa melihat hijau dan asri-nya alam Kecamatan Talegong, dengan aliran sungai-sungai yang cantik.

Alam Kecamatan Talegong memang masih sangat asri dan hijau, membuat udara sekitar menjadi lebih segar, serta warna hijau yang menyegarkan mata. Banyak pengunjung memilih jalur ini untuk touring motor karena alamnya yang indah di sepanjang perjalanan, jalan yang sudah mulus, serta udara bersih yang menyegarkan.

Jadi kalau sempat lewat Talegong, jangan lupa tengok Bukit Lolongokan. Selain itu, jangan lupa juga untuk tidak nyampah, untuk jajan dan ikut mendukung ekonomi lokal, dan juga untuk menghormati budaya setempat.

Artikel ini dimuat juga pada www.jelajahgarut.com dengan judul “Bukit Lolongokan: Menengok Pemandangan Lansekap Kecamatan Talegong”

Editor : Kabar Garut

Bagikan :

Next Post

Kisah Misterius Candi Cangkuang

Rab Feb 10 , 2021
Kabar Garut – Tak hanya Jawa Tengah, Jawa Barat juga punya candi. Salah satunya adalah Candi Cangkuang di Kampung Pulo, Garut yang asal-usulnya masih menjadi tanda tanya. Candi Cangkuang merupakan candi Hindu yang bisa dilihat di Kampung Pulo, Cangkuang, Kecamatan Leles, Garut. Ini pertama kali ditemukan tahun 1966 oleh tim […]
error: Content is protected !!