Mahasiswa Perguruan Tinggi Kesehatan dan Nakes Ikuti Vaksinasi Dosis Kedua

Kabar Garut – Para tenaga kesehatan (Nakes) dan perwakilan mahasiswa perguruan tinggi bidang kesehatan di Kabupaten Garut mengikuti vaksinasi dosis kedua. Vaksinasi dilaksanakan di Kantor Dinas Kesehatan (Dinkes) Garut, Jalan Proklamasi, Kecamatan Tarogong Kidul, Sabtu 27 Februari 2021.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinkes Garut, Asep Surachman, menyebutkan ada 500 hingga 600 nakes yang menjadi sasaran dalam pelaksanaan vaksinasi dosis kedua ini. Selain nakes, ada juga peserta lain yang merupakan unsur penunjang kesehatan yang ada di Kabupaten Garut.

“Sasaran hari ini kurang lebih sekitar 500 sampai 600 orang yang divaksinasi. Tentunya kalau ini berhasil akan meningkatkan angka keberhasilan presentase berapa orang yang sudah divaksin,” ujar Asep.

Dikatakannya, sampai saat ini vaksinasi putaran pertama untuk nakes sudah mencapai angka diatas 95 persen sedangkan putaran kedua baru mencapai 55 persen. Tentunya dengan hari pelaksanaan hari ini, angka keberhasilan vaksinasi sudah bertambah menjadi sekitar 80 persen.

Asep menerangkan, setelah pelaksanaan vaksinasi nakes selesai, maka tahap selanjutnya adalah vaksinasi untuk pelayanan publik. Vaksinasi untuk pelayanan publik ini dibagi dua sesi, yakni vaksinasi massal dan vaksinasi selektif.

Vaksinasi sessi massal, tuturnya, akan menyasar peserta dari kalangan TNI, Polri, dan Forkopimpcam mulai dari camat, Kapolsek, Danramil, dan Ketua MUI kecamatan.

“Sementara itu untuk sessi selektif, vaksinasi dilaksanakan untuk pelayanan publik atau instansi yang jelas-jelas memberikan pelayanan publik dalam hal ini instansi milik pemerintah atau BUMN,” katanya.

Baca Juga :   Lakukan Ini Pada Anak Berusia 14 Tahun, Dinas Pemadam Kebakaran Garut

Ia menerangkan, untuk vaksinasi tahap kedua ini tidak semua Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di Kabupaten Garut akan mendapatkan vaksinasi, akan tetapi berdasarkan skala prioritas. Akan ditentukan SKPD mana dulu yang harus diprioritaskan dalam tahap ini, setelah itu baru kemudian kita laksanakan vaksinasi pada instansi lainnya.

Menurut Asep, untuk tahap ke dua ini ada beberapa sasaran yang akan divaksinasi di antaranya pelayanan publik berdasarkan skala prioritas, pedagang pasar berdasarkan zona merah kecamatan, dan tenaga pendidikan atau guru berdasarkan zona merah kecamatan.

Meski demikian, Asep diungkapkannya ketersediaan dosis vaksin yang dimiliki oleh pihaknya saat ini menjadi salah satu pertimbangan tersendiri untuk dilakukan mapping (pemetaan) prioritas terlebih dahulu pada vaksinasi tahap kedua ini.

“Tentunya dengan keterbatasan vaksin yang ada, kebutuhan vaksin tahap 2 kita itu di atas 70 ribu lebih. Jadi kalau dua putaran diperlukan sekitar 150 ribu dosis,” ucap Asep.

Di sisi lain, tambahnya, dosis vaksin yang ada saat ini hanya 33 ribu jadi baru bisa dilaksanakan pada 16.500 orang. Berdasarkan hal tersebut, maka perlu dilakukan mapping berdasarkan skala prioritas.

Artikel ini dimuat juga pada www.pikiran-rakyat.com dengan judul “Nakes dan Mahasiswa Perguruan Tinggi Kesehatan Ikuti Vaksinasi Dosis Kedua”

Editor : Kabar Garut

Bagikan :

Next Post

2024 Kita Punya 8 Lapangan Sepak Bola, Janji Bupati Rudy Gunawan kepada Warga Garut

Sel Mar 2 , 2021
Kabar Garut – Kemarin acara seleksi untuk Pekan Olahraga Pelajar Wilayah Daerah (POPWILDA) 2022 yang digelar Pendidikan dan Latihan (Diklat) Sepak Bola Garut, dihadiri pula oleh Bupati Garut Rudy Gunawan di Lapang Gelora Merdeka Kerkhof, Kecamatan Tarogong Kidul, Kabupaten Garut, Senin, 1 Maret 2021. Dalam kesempatan itu, Bupati Rudy menyampaikan […]
error: Content is protected !!