Lokasi Rawan Pohon Tumbang di Garut

Pemkab Garut meminta masyarakat untuk mewaspadai terjadinya pohon tumbang, terutama saat hujan besar disertai angin kencang.

“Dikarenakan ini musim hujan kemudian diiringi dengan potensi terjadinya La Nina dan El Nino maka pohon tumbang rawan terjadi,” ucap Kabid Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Garut Tubagus Sofyan, Kamis (7/1/2020).

Pohon tumbang diterjang angin dan hujan deras cukup berpotensi terjadi. Pohon tumbang juga menjadi besar potensinya seiring dengan besarnya kemungkinan terjadi badai El Nino dan La Nina di Garut.

Tubagus menjelaskan, berdasarkan penelusuran pihaknya, ada sejumlah titik rawan terjadinya pohon tumbang di Garut. Beberapa di antaranya terletak di kawasan perkotaan.

“Di sekitaran Jalan Cilawu, Wanaraja, hingga Limbangan-Malangbong,” katanya.

Kejadian pohon tumbang sendiri beberapa kali terjadi di wilayah perkotaan Garut akhir-akhir ini. Kejadian teranyar, sebuah pohon tumbang dan menimpa lapak pedagang di kawasan Jalan Siliwangi, Kecamatan Garut Kota, Senin (4/1).

Baca Juga :   Tiga Daerah Terburuk Menerapkan Protokol Kesehatan Termasuk Garut

Selain karena usia pohon yang tua, tumbangnya pohon itu diduga diakibatkan hujan deras yang mengguyur kawasan tersebut semalaman. Tubagus mengimbau masyarakat khususnya para pengguna jalanan untuk berhati-hati saat melintasi kawasan yang dipenuhi pepohonan, khususnya saat terjadi hujan lebat.

“Jangan berada di bawah pohon atau berteduh saat hujan di sana,” ujar Tubagus.

Sumber: news.detik.com

Editor: Kabar Garut

Bagikan :

Next Post

Pembangunan Jalan yang Menghubungkan Dua Kabupaten di Desa Mekartani Singajaya

Sab Jan 9 , 2021
KABAR GARUT – Pembangunan jalan rambat beton sepanjang 2,5 Km yang menghubungkan dua kabupaten yang dialokasikan oleh Desa Melartani Kec. Singajaya Kab. Garut Jawa Barat (Jabar) yang realisasinya bersumber dari (DD) TA 2020. Pembangunan jalan poros ini menghubungkan Desa Mekartani Kecamatan Singajaya Kabupaten Garut dengan Desa Kertanegla Kecamatan Bojong Gambir […]
error: Content is protected !!