Kembangkan Aplikasi Pusat Data Berbasis Online, Terobosan Baru Camat Pasirwangi Garut

Kabar Garut – Terobosan terbaru Camat Pasirwangi, Kabupaten Garut, Saepul Hidayat, S STP M Si, M Ak, ciptakan aplikasi pusat informasi data “SKY WORK PASIRWANGI” (https://gis-pasirwangi.simda.net/portal). Camat menyebutkan, hal ini untuk memudahkan masyaraktnya mencari kebutuhan data di Kecamatan Pasirwangi.

“Jadi, kekurangan Kecamatan Pasirwangi selama ini memang adalah basis data yang betul-betul aktual dan update, makanya kehadiran GIS ini, dapat menjadikan sumber data yang betul-betul update dan berbasis kepada data geografik informasi sistem,” ujar Saepul, diruang kerjanya, Kamis (14/01/2021).

Data geografis itu, lanjut Saepul, berbasis data kepada peta sehingga dapat diketahui titik koordinat dari masing-masing posisi. Ia pun menjelaskan, bahwa data apa saja, semua data bisa disajikan diaplikasi, mulai data pembangunan jalan, drainase, jembatan, gedung, data para KPM penerima PKH dan lain sebagainya.

Baca Juga :   Program pembangunan Bamboo Creative Centre di kecamatan Selaawi tahap pertama telah usai, Semoga Program Ini Bisa Menjadi Keberkahan Bersama Ungkap Bupati Garut

“Sementara ini kita melakukan updating data secara bertahap, mudah-mudahan seiring waktu, data itu bisa tersaji dengan baik,” beber Camat Saepul.

Ia mengaku, diawali dengan ide pemikirannya, kemudian dikomunikasikan dengan tim ahli sistem Informasi Teknologi (IT) dan kebetulan banyak rekannya yang berkecimpung dalam dunia IT, yang kemudian ia berdiskusi dan mengembangkan aplikasi GIS di Kecamatan Pasirwangi.

“Ada Pasirwangi Mart untuk prodak orang-orang Pasirwangi, bisa dijual dionline sudah ada aplikasinya, insyaAlah akan terus kami updet agar semakin canggih dan berkembang,” pungkas Camat.

Sumber : hariangarutnews.com

Editor : Kabar Garut

Bagikan :

Next Post

Gelar Musrenbangdes Tahun 2022, Pemerintah Desa Bunisari Malangbong Garut

Jum Jan 15 , 2021
Kabar Garut – Pemerintahan Desa (Pemdes) Bunisari, Kecamatan Malangbong Kabupaten Garut, menggelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan Desa (Musrenbangdes), dalam rangka penyusunan Daftar Usulan Rencana Kerja Pembangunan (DURKP) tahun anggaran 2022. Hadir dalam acara, Kepala Desa Bunisari, babinkantibmas, babinsa, anggota BPD dan LPM, tokoh agama, para ketua RW dan RT, perwakilan tokoh […]
error: Content is protected !!