Kecamatan Wanaraja Gelar Musyawarah Rencana Pembangunan Penyusunan RKPD Kabupaten Garut Tahun 2022

Kabar Garut – Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) dalam rangka penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Tahun Anggaran 2022 tingkat Kecamatan Wanaraja, Kabupaten Garut, secara resmi digelar bertempat di aula Kantor kecamatan, Senin (08/02/2021).

Pelaksanaan musrenbang tersebut menerapkan protokol kesehatan, dihadiri 8 anggota DPRD Kabupaten Garut Dapil 1, Camat Wanaraja, Mia Herlina S STP, MSi, Kapolsek Kompol Oon Suhendar SH, Danramil 1103 Kapten H Suwardi S SY, M Si, perwakilan Bappeda Garut, Diskominfo, UPT Puskesmas, Pertanian, PUPR, Dishub, Pendamping Desa, para Kepala Desa, MUI, BPD, tokoh agama dan tamu undangan lainnya.

Dalam sambutannya, Camat Wanaraja, Mia Herlina S STP, M Si, mengucapkan terima kasih kepada pihak-pihak terkait dan tamu undangan yang hadir walaupun dengan jumlah terbatas mengingat masih masa pandemi Covid-19.

“Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka menampung aspirasi dan masukan-masukan dalam penyusunan RKPD Kabupaten Garut yang sesuai misi kabupaten yaitu bertakwa maju dan sejahtera,” kata Mia.

Lebih lanjut Mia menyampaikan, sebelum diadakan Musrenbang tingkat kecamatan, terlebih dahulu dengan mengadakan Musrenbang tingkat desa. Dari sekian banyak usulan, kata Mia, dipilah mana yang menjadi prioritas itulah nanti yang dibawa pada musrenbang tingkat Kabupaten Garut.

“Saya berharap, dengan tema penguatan pelayanaan publik pemerataan pembangunan dan peningkatan daya saing untuk kesejahteraan masyarakat. Usulan-usulan dari para kepala desa hasil musrenbang tingkat desa harus selaras dengan tema kabupaten Garut agar nantinya dapat terealisasikan di tahun 2022,” tandas Camat Wanaraja.

Baca Juga :   Rudy Gunawan Lakukan Tabur Bunga di Makam Bupati Pertama Garut, Sambut Hari Jadi Garut

Sementara anggota DPRD Garut Fraksi PKS Dapil 1, Dede Salahudin, usai acara mengungkapkan, apa yang dipaparkan camat sudah jelas dan gamblang bahwa usulan harus selaras dengan tema dan misi Kabupaten Garut, yaitu “Bertakwa Maju dan Sejahtera”. Akan tetapi, sambung Dede, tentunya kapasitas fiskal Kebijakan yang dibuat oleh pemerintah dan kemampuan keuangan daerah terbatas karena mengandalkan dana transfer Pemerintah Pusat.

“Tentu ini ada penilaian skala prioritas yang benar-benar memihak kepada masyarakat,” tutur Dede Salahudin.

Namun demikian, lanjut Dede, pihaknya akan menyerahkan hasil musrenbang dan mengawal di musrenbang kabupaten, karena musrenbang kabupaten berdasarkan Permendagri No 86 Tahun 2017.

“Kita akan melakukan penyelarasan dengan DPRD, usulan mana-mana saja yang masuk RKPD. Saya sebagai wakil rakyat dari Dapil 1 khususnya di Kecamatan Wanaraja, akan berjuang apalagi usulan terkait syiar keagamaan, karena basis saya juga, tentunya akan memprioritaskan banyak program untuk kecamatan di sapil satu,” pungkasnya.

Artikel ini dimuat juga pada hariangarutnews.com dengan judul “Kecamatan Wanaraja Gelar Musrenbang Penyusunan RKPD Kabupaten Garut Tahun 2022”

Editor : Kabar Garut

Bagikan :

Next Post

ACT dan MRI Bagikan 2,5 Kwintal kepada 50 KPM Warga Garut Kota, ACT dan MRI Bagikan 2,5 Kwintal kepada 50 KPM Warga Garut Kota

Sel Feb 9 , 2021
Kabar Garut – Kerjasama dengan Masyarakat Relawan Indonesia (MRI) dan Aksi Cepat Tanggap (ACT) Cabang Garut, Kelompok Sadar Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Pokdarkamtibmas) Bhayangkara Polres Garut gelar bhakti sosial pembagian bantuan pangan berupa paket beras untuk 50 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) warga lanjut usia (lansia) dan kaum duafha serta masker […]
error: Content is protected !!