Kawah Talaga Bodas

Kabar Garut – Talaga Bodas merupakan sebuah objek wisata di Garut dengan kategori gunung api yang masih aktif sama seperti dengan Gunung Papandayan, namun Kawah Talaga Bodas cenderung lebih indah dan unik karena pada bekas letusan membentuk danau yang cukup luas dengan air berwarna putih ke hijau-hijauan sehingga inilah yang menjadi daya tarik sekaligus alasan mengapa objek wisata yang satu ini tidak pernah sepi dari pengunjung terutama hari libur.

Lokasi & Jarak Tempuh

Objek wisata Kawah Talaga Bodas terletak di Desa Sukamenak, Kec Wanaraja dengan jarak tempuh dari Garut kota jika menggunakan jalur Suci – Karangpawitan – Wanaraja – kurang lebih sekitar 27,6 km dengan waktu sekitar 1 jam 10 menit perjalanan normal apabila tidak terjadi pelambatan yang diakibatkan oleh kemacetan pasar di dua titik yaitu di daerah Karangpawitan dan Wanaraja.

Kondisi Jalan Talaga Bodas Setelah Wanaraja

Memasuki jalan utama Talaga Bodas yang terletak sebelah kanan jalan kurang lebih 20 meter ke timur dari kantor Kecamatan Wanaraja jika arah dari Garut kota kondisi jalan cukup baik walau agak sempit sehingga tidak tidak direkomendasikan untuk pengunjung menggunakan bus besar . Jika sudah terlanjur menggunakan bus, baiknya cari tempat parkir di sekitar alun-alun atau pasar wanaraja dan cari alternatif kendaraan lain seperti angkot, mobil pick up atau ojek, sedangkan untuk kendaraan roda empat dan roda dua pribadi (bukan bus) dipastian aman dan sangat memungkinkan untuk sampai dilokasi.

Fasilitas dan Aktivitas

Beberapa faslitas dan aktivitas yang bisa dilakukan di Talaga Bodas

  1. Danau

    Talaga bodas berasal dari bahasa sunda yang memiliki arti “Talaga artinya Danau” dan “Bodas artinya putih” sehingga jika diartikan dalam bahasa indonesia artinya adalah “Danau Putih”. Hamparan danau yang dikelilingi gunung menyajikan sebuah panorama pemandangan alam yang menakjubkan serta udara sejuk nan alami khas pegunungan akan menambah suasana menjadi lebih adem

  2. Camp Area

    Bagi para pengunjung yang hobi melakukan aktivitas camping, mungkin tempat ini bisa menjadi pilihan Anda saat menghabiskan waktu libur atu ketika ingin lebih dekat dengan alam. Tersedia camp area khusus yang bisa pengunjung coba kapanpun pengunjung mau.

  3. Penginapan

    Berdasarkan fakta dilapangan pada 18 desember 2018, kami tidak menemukan penginapan baik disekitar area parkir apalagi sekitar danau. Jadi jika Anda rombongan atau keluarga yang ingin menginap, sebaiknya mencari alternatif penginapan di daerah Wanaraja atau Garut kota

  4. Restoran

    Tidak ada restoran mewah dan rumah makan khusus dengan menu yang sudah jadi disini. Yang ada hanya warung biasa yang menjual berbagai snack dan makanan cepat saji seperti indomie dan gorengan. Namu begitu biasa warung-warung tersebut bersedia untuk membuatkan makanan sesuai dengan pesanan Anda tapi ini butuh proses waktu yang tidak sebentar

Baca Juga :   Dari Gunung hingga Kebun Binatang, Itinerary 2 Hari 1 Malam di Garut

Informasi Tambahan

Harga tiket masuk Kawah Talaga Bodas pada 18 desember 2018 weekday adalah 7.500/orang dan tiket mobil pribadi 10.000/mobil ditambah biaya parkir 5.000/mobil . Sedangkan weekand adalah 9.500/orang tanpa ada kenaikan untuk harga tiket mobil juga parkir.

Jarak kawah Talaga Bodas dari area parkir kurang lebih 900 meter dan kendaraan apapun dari area parkir tidak diperbolehkan masuk meuju Talaga. Untuk mencapainya pengunjung bisa jalan kaki atau naik ojek yang sudah berjejer samping portal masuk dengan tarif 15.000 sampai 20.000/orang kalau tidak salah.

Artikel ini dimuat juga pada digarut.com dengan judul “Kawah Talaga Bodas”

Editor : Kabar Garut

Bagikan :

Next Post

Keindahan Yang Terbengkalai, Pantai Taman Manalusu

Rab Feb 10 , 2021
Kabar Garut – Garut adalah sebuah kabupaten kecil namun memiliki sejuta keindahan yang tersembunyi disetiap tempat wisatanya. Mulai dari wisata sejarah hingga wisata alam, salah satu sudut kota garut yang kali ini akan kita bahas yakni Garut daerah selatan. Ya dikawasan ini mungkin identik dengan pantainya yang begitu indah, seperti […]
error: Content is protected !!