Jembatan Roboh hingga Longsor, Garut Selatan Dikepung Bencana

Kabar Garut – Wilayah selatan Kabupaten Garut dikepung bencana alam hari ini, Sabtu (9/1/2020). Sebuah jembatan di jalan provinsi penghubung Bandung-Garut roboh.

Informasi yang dihimpun dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Garut, Sabtu siang ada dua bencana alam yang terjadi di Kecamatan Talegong.

Salah satunya adalah robohnya Jembatan Citalegong, yang terletak di kawasan Blok Awi Suti, Desa Sukamulya, Kecamatan Talegong.

“Telah terjadi jembatan roboh Sabtu 9 Januari 2021 pukul 14.00 WIB akibat hujan deras dan timbunan material dari longsor lumpur,” ujar Kabid Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Garut Tubagus Sofyan, Sabtu.

Jembatan dengan panjang puluhan meter itu roboh setelah hujan deras mengguyur kawasan tersebut sejak Sabtu pagi.

Akibat robohnya Jembatan Citalegong, arus lalu lintas di kawasan tersebut lumpuh total. Kendaraan roda dua maupun empat dari arah Talegong maupun Cisewu tidak bisa melintas.

Baca Juga :   Bupati Garut : Saya Siap Pertama Divaksin, Serentak Awal Februari Vaksinasi Mulai Digelar

Selain robohnya Jembatan Citalegong, bencana tanah longsor juga terjadi di kecamatan Talegong. Tubagus mengatakan, longsor terjadi di Blok Datar Sapi, Desa Sukamulya, Talegong. Material longsor itu menutup badan jalan.

“Longsor terjadi di Jalan Provinsi Jalur Pangalengan-Talegong-Cisewu sekira pukul 15.00 WIB. Tinggi longsor kurang lebih 20 meter dan lebar 8 meter mengakibatkan jalan tertutup,” katanya.

Tubagus mengatakan, pihaknya saat ini tengah meluncur ke lokasi untuk melakukan proses evakuasi material longsor. Tubagus mengimbau masyarakat untuk waspada.

“Imbauannya harap berhati-hati dan menghindari jalur yang berpotensi longsor. Terutama saat hujan lebat dan setelah hujan,” tutup Tubagus.

Sumber : news.detik.com

Editor : Kabar Garut

Bagikan :

Next Post

Gelar Sosialisasi Pembinaan Wilayah, Satgas Penanganan AKI AKB Puskesmas Limbangan

Sel Jan 12 , 2021
Kabar Garut – Tim Satgas Angka Kematian Ibu (AKI) dan Angka Kematian Bayi (AKB), UPT Puskesmas Bl Limbangan, gelar sosialisasi dan pembinaan wilayah di aula kantor Kecamatan BL Limbangan, Senin (11/01/2021). Hadir dalam acara, Camat Bl Limbangan Drs Heri Hermawan, Satgas AKI AKB, para Kepala Desa dan Sekretaris Desa. Camat […]
error: Content is protected !!