Huni Bangunan Belanda Kantor Camat di Garut

Kabar Garut – Kantor Kecamatan Garut Kota, di Kabupaten Garut berbeda dengan kantor kecamatan lainnya. Bangunannya merupakan peninggalan Belanda dan hingga kini masih dipertahankan keasliannya.

Kantor Kecamatan Garut Kota (Garkot) ini terlihat menonjol dibanding bangunan-bangunan di sekitarnya yang berkonsep modern. Ternyata kantor kecamatan ini adalah satu dari berbagai bangunan zaman Belanda di Garut.

Bangunan yang berada di perempatan Jalan Bank atau tepatnya di Jalan Pramuka ini memiliki luas sekira 35 meter persegi, dan memiliki dua lantai. Yang membuat bangunan ini semakin terlihat warna Belanda-nya adalah menara di bagian depan yang menjulang tinggi. Menara itu kini dimanfaatkan jadi ruangan kerja camat.

“Bangunan kecamatan Garkot itu salah satu peninggalan Belanda yang masih dipertahankan. Bentuknya tidak berubah signifikan,” ucap budayawan dan ahli kepurbakalaan Garut, Warjita, Sabtu (27/2/2021).

Baca Juga :   Di Cilawu Garut Longsor Ancam Puluhan Rumah Warga

Kantor camat di Garut tempati bangunan peninggalan zaman Belanda. Menurut catatan sejarah, dikutip dari laman resmi milik Kecamatan Garkot, bangunan ini dibangun sekira tahun 1930-an. Dulunya merupakan rumah tinggal seorang dokter asal Belanda bernama dr. Ramlet.

“Dulu sempat juga bangunan itu digunakan untuk markas tentara bahkan pernah jadi ruangan kelas SD Pakuwon,” ujar Warjita.

Bangunan tersebut hingga kini masih dipertahankan keasliannya. Tidak ada perubahan yang signifikan pada struktur bangunan. Bahkan, cat tembok warna putih dan pintu serta kusen berwarna coklat masih dipertahankan.

Artikel ini dimuat juga pada news.detik.com dengan judul “Kantor Camat di Garut Ini Huni Bangunan Belanda”

Editor : Kabar Garut

Bagikan :

Next Post

Warga di Bayongbong Garut di Seruduk Babi Hutan yang Masuk Perkampungan

Sel Mar 2 , 2021
Kabar Garut – Video babi hutan masuk perkampungan dan menyeruduk warga di Garut, Jabar, viral di media sosial. Polisi menyebut ada tiga orang korban yang diseruduk bagong tersebut. Video berdurasi 1 menit 32 detik berisi rekaman seekor babi hutan berada di tengah-tengah pemukiman warga kini sedang menjadi perbincangan warga Garut […]
error: Content is protected !!