Harus Berani Wujudkan BUMD, Jika Nurdin Yana Terpilih jadi Sekda Garut

Kabar Garut – Nurdin Yana, yang disebut-sebut berpeluang besar menjadi sekretaris daerah (Sekda ) Garut setelah perolehan nilai dari karya tulisnya dinyatakan paling tingg besar harapan kepada dirinya untuk membuat terobosan-terorobosan.

Salah satunya yang sangat diharapkan dalam mendongkrak pendapatan asli daerah (PAD), yaitu dibentuknya Badan Usaha Milik Daerah (BUMD), yang memayungin sejumlah perusahaan. Perusahaan daerah yang ada, seperti PDAM dan Bank Garut berdiri sendiri-sendiri dan hanya merupakan perusahaan daerah (PD).

Kalangan DPRD Garut mengapresiasi jika BUMD dibentuk, dan hal itu diungkapkan Ketua DPRD Garut, Hj. Euis Ida Wartiah dan Irwandani dari Fraksi PAN. Menurut mereka, berbagai potensi yang ada di kabupaten Garut sudah saatnya ada Badan Usaha Milik Daerah (BUMD).

HJ. Euis Ida Wartiah menyambut gembira proses seleksi calon sekda Garut, yang telah memunculkan tiga nama sebagai peraih nilai tertinggi, dan Nurdin Yana di ururan pertama. “Siapa pun nanti yang mendapatkan kepercayaan dari bupati, saya mendukungnya dan berharap ada terobosan-terobosan baru dalam meningkatkan kinerja pemerintah daerah,” kata Hj. Euis Ida Wartiah, Rabu (13/1).

Baca Juga :   Pengurus PMI dari 9 Kecamatan Dilantik Wakil Bupati Garut

Sementara itu, Irwandani dari Fraksi PAN, menyatakan hal yang sdama. Bahkan menurutnya sangat mendukung jika sekda yang baru nanti membuat terobosan dengan membentuk BUMD.

Irwandani menyontohkan, perparkiran yang selama ini dikelola Dinas Perhubungan, pariwisata di bawah Dinas Pariwisata dan Budaya ( Disparbud). Menurut Irwandani, jika terbentuk BUMD, maka semua sektor pendapatan tersebut bisa dikelola oleh BUMD.

“Saya sangat mendorong dan mendukung terbentuknya BUMD, tinggal bagaimana kesiapan pemkab Garut memwujudkannya. Nanti kan bisa dipayungi dengan peraturan daerah (Perda), nah DPRD yang akan bersama-sama pemkab menggodognya,” pungkasnya.

Sumber : garutpos.com

Editor : Kabar Garut

Bagikan :

Next Post

5 Pasen Corona di RSUD Meninggal, Bupati Garut Akui Sedih

Kam Jan 14 , 2021
Kabar Garut – Selama masa PSBB hingga 25 Januari, Bupati Garut, Rudy Gunawan menyatakan akan bekerja optimal untuk penanganan Covid-19 di Kabupaten Garut. “14 hari ini saya selaku Ketua Satgas, akan all out untuk melakukan langkah-langkah konkret, karena kemarin saja kami sedih lima orang di RSUD meninggal dunia, tiap hari […]
error: Content is protected !!