Guru SMK Ini Turun Langsung Dampingi Siswa Belajar Daring, Khawatir Belajar Online Kurang Efektif

Kabar Garut – Delapan bulan terakhir kegiatan belajar mengajar secara tatap muka di sekolah ditiadakan. Siswa pun diharuskan belajar secara online atau mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru dirumah masing-masing.

Dengan menggandeng Saung Baca kelompok Oi cikal Garut, salah seorang guru yang bertugas di SMK Al-Hikmah 2 Garut ini turun langsung dampingi siswa-siswi tingkat Sekolah Dasar (SD) atau sederajat, dalam belajar online.

Siswa-siswi yang ikut belajar di Saung Baca Oi Cikal diantaranya dari SDN Sukamanah 3, SDIT Najahan, SDN Panembong 1 dan SDIT Al Bayinah. Dengan di fasilitasi koneksi internet (WiFi) yang disediakan oleh kelompok Oi Cikal Garut agar kegiatan belajar lebih lancar dan tetap terapkan protokol kesehatan.

Guru SMK Al-Hikmah 2 Garut, Muhamad Sanusi, menjelaskan bahwa dirinya khawatir kurangnya pantauan dari orang tua siswa yang belajar secara daring dan khawatir kurangnya fasilitas koneksi internet, sehingga pembelajaran secara online kurang efektif.

“Saya khawatir pembelajaran online kurang efektif karena beberapa kendala yang dialami siswa dari mulai kurangnya koneksi internet, dampingan orang tua dan kendala lainya, sehingga pembelajaran siswa jadi kurang efektif. Makanya saya turun langsung membimbing dengan batasan protokol kesehatan tentunya, sekaligus mendampingi belajar online agar para siswa-siswi belajar lebih semangat dan belajar dengan susana yang baru,” ujar Sanusi, Selasa (22/12/2020).

Baca Juga :   Ketua Baznas Garut Serahkan Bantuan untuk Siswa Berprestasi Guna Mendukung Gerakan Ayo Sekolah

Sanusi juga mengatakan, bahwa dirinya akan mengajar secara rutinitas 1-2 kali dalam satu minggu di Saung Baca Oi Cikal Garut, agar para siswa bisa belajar dengan suasana baru dan selalu patuhi protokol kesehatan.

Sementara, Ketua Oi Cikal Garut, Sansan, mengatakan, bahwa dirinya merasa terbantu dan merasa senang dengan adanya guru relawan yang membantu siswa-siswi belajar dengan menggunakakan fasilitas yang ia sediakan di saung baca miliknya.

“Saya sangat bangga dan berterima kasih khususnya kepada Sanusi yang sudah menggandeng Saung Baca ini untuk jadi relawan pendidikan yang mau mengajar siswa-siswi dengan rasa inisiatif yang ia miliki,” ujar Sansan

Sansan berharap, kedepannya agar pembelajaran ini terus berjalan selagi masa pandemi Covid-19, maupun sesudah masa pandemi, karena pentingnya pendidikan harus terus berjalan meski dalam situasi apapun,” pungkasnya.

Sumber : Harian Garut

Editor : Kabar Garut

Bagikan :

Next Post

Pemerintah Desa Samida Selaawi Garut Gelar Pelatihan Menjahit Masker, Gandeng BLK Bandung

Rab Des 23 , 2020
Kabar Garut – Sebagai rekanan Kementrian Tenaga Kerja Republik Indonesia (Kemenaker RI), Balai Latihan Kerja (BLK) Bandung, adakan pelatihan jahit di GOR Desa Samida, Kecamatan Selaawi, Kabupaten Garut, pada Senin (21/11/2020). Saat dikonfirmasi, tim dari rekanan BLK Bandung, Jimi Melco, berharap, pelatihan yang digelar bisa berguna bagi warga masyarakat dalam […]
error: Content is protected !!