Gempa Terkini Getarkan Sebagian Jawa Barat, Berpusat di Darat

oleh

Kabar Garut,-Sebuah gempa yang berpusat di darat menggoyang sebagian wilayah Jawa Barat pada Sabtu sore, 22 Januari 2022. Gempa terkini yang bisa dirasakan di wilayah Indonesia tersebut berkekuatan Magnitudo 3,9.

Data dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika atau BMKG menyebut gempa terjadi tepatnya pukul 15.34 WIB. Pusatnya berada di kedalaman 10 kilometer, 57 kilometer arah barat daya dari Kabupaten Bandung.

Getaran terkuat, skala III MMI, setara getaran yang dirasakan di dalam rumah seakan truk sedang melintas, terukur di Cidaun (Cianjur), Cijayanti (Bogor), serta Cidora dan Rancabuaya di Garut. Guncangan yang lebih lemah dirasakan di antaranya di Pameungpeuk, Garut.

Sementara itu, BMKG juga mencatat gempa susulan di Kepulauan Talaud, Sulawesi Utara, pada pukul 14.08 WIB. Kekuatannya M4,8 dan kedalaman 53 kilometer, dengan intensitas guncangan yang terukur lemah pada skala II MMI.

Gempa utama di Kepulauan Talaud, M6,0, terjadi pada Sabtu pagi pukul 09.26 WIB. Gempa dari laut, pusatnya sedalam 12 kilometer, mengguncang terkuat pada skala IV MMI.

About Post Author

No More Posts Available.

No more pages to load.