Garut Gelar Kejuaraan Ikan Koi Nasional untuk Menarik Wisatawan

Kabar Garut – Untuk membangkitkan ekonomi masyarakat saat pandemi Covid-19 berlangsung, Pemerintah Daerah (Pemda) Garut, Jawa Barat bakal menggelar kejuaraan ikan koi tingkat nasional, akhir pekan ini.

Kejuaraan ini memperebutkan tropi Bupati Garut, sekaligus rintisan mengenalkan Garut sebagai endemik baru daerah penghasil ikan koi berkualitas di tanah air.

Kepala Dinas Peternakan, Perikanan dan Kelautan Garut Sofyan Yani mengatakan, kejuaraan ikan koi Bupati Garut 1 ini merupakan, ikhtiar pemerintah membangkitkan geliat ekonomi masyarakat, terutama saat pandemi Covid-19 saat ini.

“Banyak sektor lain yang ikut bergairah mulai dari wisata, hingga ekonomi masyarakat secara langsung,” ujarnya, Rabu (17/3/2021).

Menurut Yani, kejuaraan ikan koi tahun ini merupakan lanjutan dari kejuaraan sebelumnya yang digelar di markas korem 062 Tarumanagara, pertengahan tahun lalu.

“Tahun lalu juga sama dilaksanakan saat pandemi, dan responnya luar biasa terhadap kejuaraan itu,” kata dia.

Selain upaya mengenalkan potensi wisata Garut, kejuaraan dimaksudkan sebagai rintisan untuk mengenalkan Garut sebagai endemik baru budi daya koi berkualitas di Indonesia.

“Dulu sudah puluhan pecinta koi yang ikut, sekarang kami targetkan ratusan pecinta dengan jumlah peserta (Ikan koi) mencapai ribuan,” kata dia.

Dalam kejuaraan koi tersebut, cukup satu orang dari komunitas pencinta ikan koi yang datang ke arena tanding, untuk selanjutnya dinilai panitia lomba.

“Kejuaraan ikan koi itu tidak seperti kejuaraan lain yang melibatkan banyak massa, cukup ikannya yang diserahkan ke panitia lomba,” kata dia.

Baca Juga :   Balita Penderita Bocor Jantung Asal Pangatikan Garut Ini Butuh Bantuan, Balita Penderita Bocor Jantung Asal Pangatikan Garut Ini Butuh Bantuan

Ancaman Penularan Covid-19

Yani mengakui, pelaksanaan kejuaraan di saat pandemi cukup beresiko terhadap ancaman penyebaran Covid-19, namun dengan penerapan protokol kesehatan (prokes) yang tepat dan ketat, pelaksanaan kejuaraan bakal berlangsung lancar.

“Kami juga sudah mempertimbangkan matang penyebaran Covid-19 tersebut,” kata dia.

Dengan pertimbangan itu, Yani optimis pelaksanaan kejuaraan koi kali ini bakal berlangsung sukses tanpa terjadinya penyebaran Covid-19.

“Saya mengharapkan dukungannya juga dari masyarakat, terutama dengan memperhatikan prokes 3M,” ujarnya.

Saat ini, tiga hari menjelang kejuaraan yang akan digelar Jumat-Ahad mendatang jumlah peserta terbilang membludak yang datang dari berbagai provinsi.

“Ada dari Bandung, wilayah Jawa Barat lain, termasuk dari Jateng (Jawa Tengah), Jatim (Jawa Timur) dan lainnya,” kata dia.

Dengan capaian itu, ia optimis jumlah peserta kejuaraan yang digelar di komplek kawasan olahraga SOR Ciateul-Garut tersebut, bakal melampaui raihan kejuaraan sebelumnya.

“Dulu di Korem (Tarumanagara) ada sekitar 1.500 ikan koi yang dilombakan, tahun ini kami targetkan bisa tembus di angka 2.000 ikan,” harap dia.

Artikel Ini Telah Tayang Juga di liputan6.com dengan Judul: Tarik Wisatawan, Garut Gelar Kejuaraan Ikan Koi Nasional

Editor: Kabar Garut

Bagikan :

Next Post

Garut Klaim Surplus Gabah Kering hingga 60 Ribu Ton, Target Produksi Tercapai

Kam Mar 18 , 2021
Kabar Garut – Pemerintah Daerah (Pemda) Garut, Jawa Barat mengklaim surplus gabah kering beras tahun ini hingga 60 ribu ton. Angka itu tercapai, setelah target produksi yang dibebankan pemerintah berhasil dilewati. “Tahun ini kita surplus target produksi pemerintah pusat sekitar 2.000 hektare,” Kepala Dinas Pertanian Garut Beni Yoga Gunasantika mengatakan, Rabu (17/3/2021). Beni […]
error: Content is protected !!