DPPKBP3A Pemkab Garut akan Digelar Isbath Nikah Gratis Pada Bulan April 2021

Kabar Garut – Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (DPPKBP3A) Pemkab Garut, menggelar rapat persiapan pelaksanaan isbath nikah massal periode ke 3. Rapat yang digelar di rumah makan Binarasa Tarogong Kidul, Rabu, (17/2) melibatkan seluruh kader Motekar se kabupaten Garut.

Dikatakan Dra. Baridah Sobirin, MM, Kasi Perlindungan Harapan Perempuan DP3AKB, isbath nikah massal dimaksudkan sebagai salah satu bentuk perhatian dari DPPKBP3A Kab. Garut terhadap perempuan dan anak untuk pemenuhan hak-haknya, terutama dalam pemenuhan legalitas kependudukannya. Sebagai dasar untuk pembuatan legalitas lainnya seperti akta kelahiran.

“Kegiatan ini didanai dari APBD. Isbath kali ini merekrut 50 pasangan calon isbath dari 13 kecamatan di kabupaten Garut. Biasanya 100 pasang calon pasangan isbath, tetapi dipangkas di masa covid ini setengahnya. Tentunya hal ini tidak menyurutkan langkah DPPAKBPPPA Kab. Garut untuk melaksanakan kegiatan ini”, terang Baridah.

Tambahnya, antusiasme masyarakat terutama yang belum memiliki akta sangat besar, terutama bagi mereka yang ingin mengurus pembuatan legalitas lain yang harus berdasar pada kepemilikan akta nikah. Hanya saja jumlah pesertanya masih dibatasi sehubungan dana yang tersedia belum mencukupi untuk merekrut banyak peserta.

Baca Juga :   Wow, Masjid Unik 'Full Color' Ada di Tengah Perkampungan Garut

Diakui Baridah, biasanya masyarakat sedikit kesulitan untuk mengurus pelaksanaan isbath nikah secara mandiri, sehubungan keterbatasan akses yabg mereka miliki. Mereka banyak yang bersyukur atas keberadaan isbath nikah massal yang di selenggarakan setiap tahunnya di Kab. Garut.

Sementara Iryani, S.Sos, MM, Kabid PP Kab. Garut mengungkapkan bahwa Motekar dengan segala tugasnya akan semakin berat dewasa ini, terutama dalam penguatan ketahanan keluarganya. Diharapkan agar lebih bisa memperkuat kinerjanya dengan semangat dan tanggung jawab yang lebih besar lagi, karena tantangan yang ada dilapangan akan semakin besar.

“Kami merasa yakin bahwa MOTEKAR Kabupaten Garut akan terus memompa semangat kerjanya, terutama dalam membangun ketahanan keluarga di wilayah kerjanya masing-masing. Adapun untuk pelaksanaan isbath nikah akan ditempatkan di Pengadilan Agama Garut, yang Ansya Allah akan dilaksanakan sekitar bulan April minggu 1-2”, ungkap Iryani.

Motekar sendiri berharap adanya kerjasama yang baik diseluruh pihak terkait terutama di KUA sebagai pihak yang mengeluarkan akta nikah.

Artikel ini dimuat juga pada hariangarutnews.com dengan judul “Bulan April 2021 DPPKBP3A Pemkab Garut akan Digelar Isbath Nikah Gratis”

Editor : Kabar Garut

Bagikan :

Next Post

Ini Harapan Kades Sukamanah Malangbong di Momen Hari Jadi Garut Ke 208

Jum Feb 19 , 2021
Kabar Garut – Usai mengikuti rangkaian upacara Hari Jsdi Garut (HJG) ke 208 melalui virtual zoom, Pemerintah Desa Sukamanah, Kecamatan Malangbong, Kepala Desa (Kades) Sukamanah, Aten, sampaikan rasa syukur dan kebanggaannya selaku warga Kabupaten Garut yang kini usia Garut genap berusia 208 tahun. Meski saat ini masih dalam masa pandemi […]
error: Content is protected !!