Dalam Rangka Mensukseskan Program Pemerintah Garut, Dinas Kesehatan Gelar Sosialisasi dan Pemicuan Desa ODF di Sukarasa Malangbong

Kabar Garut – Dinas Kesehatan Kabupaten Garut gelar sosialisasi dan pemicuan menuju Desa Sukarasa, Kecamatan Malangbong Open Defecation Free (ODF) dalam rangka mensukseskan program Pemerintah Kabupaten Garut, desa bebas buang air besar sembarangan.

Acara digelar di aula Desa Sukarasa, Kecamatan Malangbong, Selasa (30/03/2021). Hadir dalam acara dari Dinas Kesehatan Kabupaten Garut, Kepala Seksi Kesehatan Lingkungan (Kasi Kesling) Hj Istuti, sekaligus selaku narasumber dalam acara sosialisasi dan pemicuan desa ODF.

Turut hadir pula dalam acara, Plt Kepala Desa Sukarasa Thoha Nugraha, Kepala TU Puskesmas Citeras Asep Suryana, Kasi Kesra Kecamatan Dani Iskandar S IP, Babinsa, Bhabinkamtibmas, anggota BPD, ketua RW dan RT, kader PKK serta para tokoh masyarakat dan agama.

“Terkait sosilasi ODF, ini adalah sangat luar biasa karena untuk mewujudkan desa ODF itu sebuah perubahan yang lebih baik, dan lebih sehat, sehingga kalau masyarakatnya sudah bisa mendeklarasikan komitnya, sudah barang tentu pasti akan kuat di masyarakat. Karena, buang air besar (BAB) disembarangan tempat itu tidak sehat,” ucap Istuti, usai acara sosialisasi.

Ia berharap, sosialisasi dan pemicuan tersebut menjadi moment yang tepat, karena dengan tindakan prefentif itu sangat efektif untuk menyelesaikan masalah kesehatan.

“Mudah-mudahan dengan adanya sosialisasi desa ODF ini, bisa memberikan kontribusi yang besar terhadap kesehatan masyarakat. Semoga Desa Sukarasa Kecamatan Malangbong ini, akan menjadi desa ODF dan mudah-mudahan bisa terwujud. Sehingga desa-desa lainnya yang ada di Malangbong, semuanya menjadi desa ODF tahun 2021,” harapnya.

Baca Juga :   Di Garut Serapan Vaksinasi Covid-19 untuk Nakes Masih Rendah

Sementara, Plt Kepala Desa Sukarasa, Thoha Nugraha, menuturkan bahwa program desa ODF di Kabupaten Garut ini menjadi target dan prioritas Bupati Garut di tahun 2022. Maka, kata Thoha, untuk mewujudkannya diawali dengan sosialisaisi dan pemicuan kepada warga masyarakat.

“Yang kedua, sesuai target di kecamatan hasil rapat kordinasi, bahwa tahapan untuk menjadi kabupaten yang sehat itu mulai dari desa per-kecamatan,” kata Toha.

Thoha juga menjelaskan, untuk sosialisasi ODF tahap pertama pada tahun 2021 di Kecamatan Malangbong, ada lima desa yakni, Desa Sukarasa, Cilampuyang, Cisitu, Girimakmur dan Cihaurkuning, yang nantinya akan mendeklarasikan desa ODF tahun 2021.

Kebetulan untuk deklarasi tersebut di kami yang menjadi fokus atau tempat kegiatan tersebut ada di dusun tiga Kampung Kamasan,” terang Thoha.

Dan untuk persiapan program desa ODF ini, tambah Thoha, Desa Sukarasa akan mengawali secara swadaya yaitu membereskan, membersihkan atau menata jamban-jamban kotor yang biasanya dipakai buang air besar sembarangan.

“Sekarang sudah ditertibkan sedikit demi sedikit untuk menjadi jamban yang benar-benar sehat dengan adanya program sanitasi desa (SANDES). Itu sekilas tentang persiapan memicu kepada program desa ODF. Mudah-mudahan program ini bisa berjalan dengan sebaik mungkin sesuai dengan harapan dan out putnya Desa Sukarasa menjadi desa Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM),” pungkasnya.

Artikel Ini Telah Tayang Juga di hariangarutnews.com dengan Judul: Dinas Kesehatan Kabupaten Garut Gelar Sosialisasi dan Pemicuan Desa ODF di Sukarasa Malangbong

Editor: Kabar Garut

Bagikan :

Next Post

Untuk Adaptasi, Sekolah Tatap Muka di Garut Digelar Mei

Rab Mar 31 , 2021
Kabar Garut – Pemkab Garut meminta sekolah-sekolah yang ada di bawah naungan mereka untuk bersiap menjalankan pembelajaran tatap muka. Pembelajaran tatap muka di Garut diharapkan bisa digelar bulan Mei 2021. Kepala Dinas Pendidikan Garut Totong mengatakan, saat ini persiapan pembelajaran tatap muka terus digodok oleh Pemda. “Kami sudah punya gerakan ‘Ayo […]
error: Content is protected !!