Bupati Garut : Saya Siap Pertama Divaksin, Serentak Awal Februari Vaksinasi Mulai Digelar

Kabar Garut – Kabupaten Garut akan melakukan vaksinasi secara serentak di seluruh kecamatan pada hari Senin 1 Februari 2021 mendatang. Hal tersebut disampaikan oleh Bupati Garut, Rudy Gunawan, usai melakukan Zoom Meeting bersama Menteri Kesehatan (Menkes) Republik Indonesia, Budi Gunadi Sadikin, Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tito Karnavian, beserta pimpinan daerah seluruh Indonesia, yang dilaksakanan di Command Center, Kompleks Pendopo, Kabupaten Garut, Jum’at (29/1/2021).

“Nah vaksin ini kami barusan menerima arahan dari bapak Menteri Kesehatan dan Mendagri, pertama kita akan melakukan vaksinasi itu hari senin secara serentak di seluruh kecamatan yang ada di Kabupaten Garut bagi nakes karena kami baru menerima vaksin secara terbatas yaitu 6.000-an,” ujar Rudy.

Pelaksanaan vaksin setiap daerah, lanjut Rudy, menjadi sebuah tanggung jawab pemimpin daerah masing-masing sesuai dengan instruksi dari Mendagri.

“Secara bertahap kami akan lakukan secepat mungkin karena barusan Pak Mendagri menginstruksikan Bupati wajib mengendalikan masalah ini, ini tanggung jawab bupati tanggung jawab TNI, Polri, pimpinan daerah di depannya adalah Bapak Kepala Dinas Kesehatan,” ucapnya.

Rudy mengatakan, dirinya siap untuk divaksin, namun tetap memperhatikan hasil screening yang dilakukan oleh pihak tenaga kesehatan.

Baca Juga :   Garut Klaim Surplus Gabah Kering hingga 60 Ribu Ton, Target Produksi Tercapai

“Kita siap yang pertama divaksin tapi nanti juga ada verifikasi screening misalkan nanti kalau tekanan darah saya waktu itu 180 saya gak bisa, 160 gak bisa atau saya punya gula, gula saya dicek dulu,” tutur Rudy.

Selain tenaga kesehatan dan pimpinan daerah, imbuh Rudy, unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompimda), influencer, serta perwakilan tokoh agama juga akan di vaksin Senin nanti.

“Yang pertama adalah Forkopimda dan influencer, perwakilan tokoh-tokoh dari masyarakat dan sebagainya tapi next besoknya langsung secara serentak itu untuk para nakes, saya kira kalau dasar perhitungan tadi dalam satu minggu 6000 sudah habis,” pungkasnya.

Sementara, Dinas Kesehatan Kabupaten Garut kini menyiapkan tempat pelaksanaan vaksinisasi Covid-19 di 67 puskesmas, 6 rumah sakit, dan 26 klinik. Dengan sasaran puskesmas 3.963 sasaran, rumah sakit 2.652 sasaran, dan klinik 963 sasaran.

Dinas Kesehatan Kabupaten Garut juga menyiapkan sarana penyimpanan vaksin terdiri dari 80 refrigator dan 100 vaccine carrier, dan 12.200 single dose. Vaksin COVID-19 beserta alat penunjang lainnya seperti APD Alat Pelindung Diri (APD).

Sumber : hariangarutnews.com

Editor : Kabar Garut

Bagikan :

Next Post

Camat Sucinaraja Garut : Ini Harus Diberhentikan, Pembangunan Tower Tak Berizin

Sen Feb 1 , 2021
Kabar Garut – Diduga belum kantongi perijinan dari Dinas Penamanan Modal dan Perijinan Terpadu (DPMPT) Kabupaten Garut, pengembang dari PT Tower Bersama, lakukan pembangunan tower atau Base Transceiver Station (BTS) di Kampung Sadang, Desa Sadang, Kecamatan Sucinaraja, Kabupaten Garut. Padahal, perijinan dari dinas terkait belum terbit. Camat Sucinaraja Iwan Trisnadiwan, […]
error: Content is protected !!