BMKG Peringatkan Potensi Ombak Tinggi di Laut Selatan Jabar, Ada Bibit Siklon di Samudra Hindia

Kabar Garut – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memperingatkan potensi ombak tinggi di laut selatan Pulau Jawa dengan ketinggian 2 hingga 4 meter. Potensi gelombang tinggi diprediksi terjadi terjadi hingga sepekan ke depan. Potensi gelombang tinggi di laut selatan Jawa Barat (Jabar) meliputi wilayah Pangandaran, pantai selatan Garut, hingga Sukabumi. Sementara untuk pantai utara Jawa Barat, tinggi gelombang normal, antara 0,5 hingga 2 meter.

gelombang tinggi di laut selatan Jawa, terjadi akibat kombinasi gelombang Rossby Ekuator, gelombang Kelvin, dan gelombang Low Frequency. Gelombang tersebut terlihat pada periode yang sama di wilayah Laut China Selatan, Samudera Pasifik utara Papua, Samudera Hindia barat Lampung hingga selatan NTT, sebagian besar Jawa, Bali, NTT bagian barat, Laut Bali, Laut Sumbawa. “Kondisi itu mampu meningkatkan aktivitas konvektif dan pembentukan pola sirkulasi siklonik di wilayah tersebut. BMKG memantau adanya bibit siklon tropis 93S di Samudera Hindia sebelah Barat Daya Sumatera,” katanya.

Baca Juga :   Pokdarkamtibmas Sektor Pakenjeng Garut Segera Miliki Bangunan Kantor, Didukung Forkopim Kecamatan

Namun, posisi sistem yang cukup jauh dari wilayah Indonesia dan arah gerak menjauhi wilayah Indonesia sehingga tidak memberikan dampak terhadap kondisi cuaca di wilayah Indonesia. Menko Luhut Minta PPKM Perbanyak Posko, Ini Tanggapan Pemkot Bandung “Akan tetapi, ini memberikan pengaruh berupa potensi hujan lebat, peningkatan kecepatan angin dan gelombang tinggi di Samudera Hindia Selatan Sumatera – Jawa Barat,” kata Guswanto.

Artikel ini dimuat juga pada jabar.inews.id dengan judul ” Ada Bibit Siklon di Samudra Hindia, BMKG Peringatkan Potensi Ombak Tinggi di Laut Selatan Jabar

Editor : Kabar Garut

Bagikan :

Next Post

Salah Langkah Bisa Terperosok, Jembatan Penghubung Tasikmalaya-Garut Rusak Parah

Kam Feb 4 , 2021
Kabar Garut – Jembatan gantung penghubung Kabupaten Garut dan Kabupaten Tasikmalaya, sangat memprihatinkan. Kondisi jembatan penghubung dua kabupaten itu sangat berbahaya. Salah melangkah, warga bisa terperosok dan jatuh ke sungai. Diketahui, jembatan gantung itu menghubungkan Desa Simpang Kecamatan Cibalong, Kabupaten Garut dengan Desa Cijoho Kecamatan Bojong Gambir, Kabupaten Tasikmalaya. Pedasnya […]
error: Content is protected !!