Bantu Pedagang di Pasar Darurat Leles Kembali Bangkit, Pemkab Garut Tanggung Biaya Perbaikan

kabargarut.com — Pemerintah Kabupaten Garut, Jawa Barat, menanggung pembiayaan pembangunan kembali pasar darurat di Kecamatan Leles yang sebelumnya ludes terbakar agar pedagang dapat kembali beraktivitas.

“Dibangun tetap oleh pemerintah, kewajiban pemerintah, nanti setelah dibangun pedagang dipersilakan untuk ditempati,” kata Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Garut Nia Gania Karyana di Garut, Rabu (23/6).

Ia menuturkan pasar darurat untuk pedagang di Pasar Leles itu akan dibangun kembali di Alun-alun Leles dengan besaran anggaran masih dalam perhitungan oleh Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang.

Pembangunan pasar darurat sementara itu akan dilakukan dengan tetap memperhatikan kualitas bangunan yang bagus dan kokoh untuk beberapa bulan ke depan sampai pembangunan Pasar Leles selesai.”Dibangunnya kuat berkualitas, tidak permanen, bisa berlaku sampai enam bulan,” katanya.

Ia menyampaikan pembangunan pasar darurat itu akan dilakukan oleh pihak ketiga atau oleh putra daerah yang nantinya bisa melibatkan pekerjanya dari warga atau pedagang setempat.Proses pembangunan pasar darurat, lanjut dia, mulai dilakukan setelah kepolisian selesai melakukan penyelidikan untuk mengetahui penyebab kebakaran pasar darurat tersebut.

Baca Juga :   Kader-Kader Siliwangi Harus Mampu Berkontribusi dalam Pembangunan, Ungkap Ketua GADA AMS Rayon Bayongbong Garut

Selama proses pembangunan pasar darurat, tambah Gania, seluruh pedagang akan mendapatkan jaminan hidup dari pemerintah selama tanggap darurat mulai 22 sampai 29 Juni 2021 dengan besaran anggaran masih dalam pendataan oleh Dinas Sosial.

Ia menyampaikan pemerintah akan memperhatikan seluruh pedagang yang menjadi korban kebakaran seperti jaminan hidup, dan menyiapkan tempat jualan yang aman.

Kebakaran pasar darurat Leles yang terjadi Minggu (20/6) tengah malam itu menghanguskan 412 kios dan 60 lapak dengan kerugian materi diperkirakan mencapai Rp5 miliar.

 

Artikel ini sebelumnya tayang di :
https://repjabar.republika.co.id/berita/qv5u46327/pemkab-garut-tanggung-biaya-pembangunan-pasar-darurat-leles

Bagikan :

Next Post

Ketua FPD Garut Ingatkan Pemdes Jangan 'Main-main' Dalam Pengadaan Bantuan Keuangan Desa

Kam Jun 24 , 2021
kabargarut.com – Ketua Forum Pemerhati Desa (FPD) Kabupaten Garut Jawa Barat (Jabar), Roni Faisal Adam mengatakan, infrastruktur perdesaan merupakan sarana dan prasarana vital untuk membangun, meningkatkan, memajukan sekaligus menyejahterakan masyarakat desa. Menurut dia, untuk membangun sarana dan prasananya merupakan tanggung jawab Pemerintahan Desa (Pemdes) dan masyarakat setempat. Artinya, Pemdes mesti […]
error: Content is protected !!