Aplikasi SIRIKAT, Manuver Pemkab Garut Lawan Hoax

kabargarut.com, Garut – Berbagai terobosan dilakukan oleh Pemerintah untuk menangkal hoaks. Salah satunya Pemkab Garut yang meluncurkan program SIRIKAT (Sistem Informasi Rilis Cepat dan Akurat) untuk melawan hoaks yang beredar di aplikasi percakapan dan media sosial.

Sejatinya program SIRIKAT telah ada sejak 2019 lalu, namun mewabahnya pandemi covid-19, membuat aplikasi ini sempat terhenti di tahun 2020 lalu. Program yang digagas Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) ini, diharapkan mampu menjadi jawaban bagi warga dalam mendapatkan informasi yang tepat, sekaligus mengantisipasi berkembangnya hoaks atau berita bohong.

Dalam prakteknya, program ini dikelola secara bersama antara Pemda dan masyarakat atau kelompok masyarakat yang memiliki perhatian dalam dunia informasi. Dinas Kominfo berperan sebagai pengendali agar dalam menjalankan fungsi, sistem ini tetap terjaga.

Baca Juga :   Mister Sutarman Jaminkan Aset di Bank Swiss, Ajukan Penangguhan Penahanan

“Kehadiran SIRIKAT diharapkan mampu menangkal berita bohong atau hoaks yang kerap membuat kegaduhan bagi masyarakat. Bila hoaks dibiarkan maka akan membentuk karakter masyarakat dalam memahami dan memaknai informasi yang abu-abu yang belum tentu dapat dipertanggungjawabkan,” ujar Kepala Seksi (Kasi) Kemitraan Komunikasi Publik, Bidang Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) Diskominfo Garut, Yanyan Agus Supianto.

“Masyarakat bisa membantu Pemerintah Kabupaten Garut dalam mendiseminasikan informasi, baik pembangunan, pemerintahan maupun kemasyarakatan, termasuk menangkal informasi palsu (hoaks) di kalangan masyarakat. Selain itu aplikasi ini bisa digunakan sebagai curhatan warga, untuk menyampaikan unek-uneknya seperti jalan rusak dan permasalahan lain.”

Artikel sebelumnya tayang di :
https://www.liputan6.com/cek-fakta/read/4570121/lawan-hoaks-pemkab-garut-luncurkan-aplikasi-sirikat

Bagikan :

Next Post

Pemuda Asal Garut yang Terbebas Dari Hutang 2 M Kini Berternak

Sen Mei 31 , 2021
kabargarut.com – Kemudahan berutang dewasa ini tidak terhindarkan dari kehidupan para pengusaha pemula. Namun, tidak semua usaha dapat berjalan mulus sehingga utang dapat terbayar dan terlunasi tepat waktu. Salah langkah, usaha tidak maju, ditambah lagi utang yang menumpuk. Siapa nyana itu pernah dialami milenial asal Kabupaten Garut, Jawa Barat Bayu […]
error: Content is protected !!