Aksi Tanpa Batas! Gandeng TNI Kodim 0611, ACT-MRI Garut Luncurkan Gerakan Sedekah Pangan Ramadhan

Kabar Garut – Hadapi Bulan Suci Ramadhan, sinergi dengan jajaran TNI dari Kodim 0611, Aksi Cepat Tangap dan Masyarakat Relawan Indonesia (ACT-MRI), luncurkan Gerakan Sedekah Pangan Ramadhan, di aula Kodim 0611, Jalan Veteran, Kecamatan Garut Kota, Kabupaten Garut, Jum’at (09/04/2021).

Kepala Cabang ACT Garut, Mohamhad Dani Ramdani, dalam paparannya menyampaikan, bahwa terhitung dalam beberapa hari ini, Ramadhan akan datang dan merupakan Ramadhan ke-2 yang dijalani ummat Islam dalam kondisi pandemi bagi penduduk di dunia termasuk Indonesia. Keriuhan, lanjut Dani, jelas akan berbeda dibanding tahun-tahun sebelumnya dan Keramaian khas bulan puasa pun akan terbatas. Sedangkan, sambung dia, kenaikan harga yang seakan sudah menjadi tradisi tak bisa dibendung.

“Disamping itu, perekonomian masyarakat belum sepenuhnya pulih di era kenormalan baru ini,” ucapnya.

Lanjut disampaikan Dani, belakangan, kabar kenaikan harga produk di sejumlah daerah yang terdengar hal ini begitu mengkhawatirkan, karena kondisi ekonomi masyarakat yang masih lemah, belum lagi isu impor beras di tengah panen raya di beberapa wilayah. Kebijakan ini jelas mengancam penyerapan hasil para petani.

Akan tetapi, kata dia, berbagai kesulitan serta keterbatasan ini dapat dilewati dengan berbagai macam kebaikan tanpa batasan. Begitu juga dengan ACT, gaungkan untuk menyambut bulan suci yakni Ramadhan 2.0. Aksi Tanpa Batas lewat berbagai gerakan yang diinisiasi yang diharapkan mampu menyelesaikan persoalan di tengah kehidupan masyarakat.

“Tahun ini merupakan Ramadhan kedua kita melewatinya dalam kondisi pandemi yang membawa pengaruh besar pada kehidupan. Ekonomi melemah, begitu juga aktivitas masyarakat yang terbatas. Untuk itu kami menggaungkan Ramadhan 2.0: Aksi Tanpa Batas. Umat muslim memiliki pilihan tanpa batas untuk bisa saling berbagi, saling membantu secara bersama-sama sesuai kemampuan, sesuai dengan apa yang dimiliki dalam bentuk empati (kemanusiaan) harta (kedermawanan) dan fisik (kerelawanan),” terang Dani (09/04/2021).

Baca Juga :   Garut Mendapatkan Suplai 16 Juta Tabung Gas 3 Kg Setiap Tahunnya

Dalam tema Ramadhan 2.0 Aksi Tanpa Batas, kata Dani, salah satu fokus yang harus dilakukan ialah pemenuhan pangan lewat gerakan Sedekah Pangan Ramadhan. Gerakan ini mengajak masyarakat terlibat dalam meluaskan program-program pangan ACT dan Global Wakaf yang ditujukan untuk menciptakan ketahanan serta kedaulatan pangan bangsa.

“Gerakan sedekah pangan Ramadhan akan menjadikan sedekah sebagai komponen utama gerakan kebaikan tersebut. Sedekah merupakan solusi besar serta modal membangun peradaban yang lebih baik. Allah selalu menyeru, besarnya pahala memberi pangan ke orang lain. ACT menghadirkan gerakan ini dengan mengajak masyarakat untuk bersedekah sebagai bahan kebaikan yang akan memberikan manfaat besar bagi masyarakat luas, khususnya selama Ramadhan di tahun istimewa kedua ini, karena hadirnya pandemi,” jelas Dani.

Ditambahkan Dani, tak hanya gerakan sedekah pangan Ramadhan, di momen detik-detik menjelang ibadah puasa ini ACT juga mengajak masyarakat ambil bagian dalam gerakan Sedekah Harian Ramadhan dengan sedekah minimal Rp10 ribu, mengajak orang lain yang dimulai dari orang terdekat. Ini akan menghadirkan kebahagiaan bagi masyarakat prasejahtera di berbagai penjuru negeri, selama Ramadhan. Apalagi, imbuh dia, di waktu menjelang Ramadhan ini banyak saudara sebangsa tengah diuji dengan bencana alam serta ekonomi yang prasejahtera khususnya mereka di tepian negeri.

“Sedekah pangan akan menjadi amunisi menghadirkan kebahagiaan di momen Ramadhan, bahkan hari Fitri nanti tak hanya dalam negeri, ACT akan menyalurkan sedekah masyarakat ke saudara yang tengah dilanda krisis dan konflik kemanusiaan di berbagai negara,” pungkasnya.

Artikel Ini Telah Tayang Juga di hariangarutnews.com dengan Judul: Gandeng TNI Kodim 0611, ACT-MRI Garut Luncurkan Gerakan Sedekah Pangan Ramadhan

Editor: Kabar Garut

Bagikan :

Next Post

Desa Bunisari Malangbong Garut Salurkan BLT DD Tahap I

Jum Apr 9 , 2021
Kabar Garut – Pemerintah Desa Bunisari, Kecamatan Malangbong, Kabupaten Garut salurkan Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT DD) tahap I tahun 2021 pada Jum’at (09/04/2021). Hadir dalam acara, Kepala Desa Bunisari Taufik, Camat Malangbong RM aliyudin, Kapolsek AKP Abusono SH, Danramil Kapten CHB Sobirin, Bhabinkamtibmas Bripka Cecep Candra, Babinsa Sertu […]
error: Content is protected !!