Akan Disiapkan Tempat Camping di Embung Cibunar Garut

Kabar Garut – Kabupaten Garut bakal punya tempat wisata baru yang menarik. Tempat tersebut yakni Perkemahan Embung di Kecamatan Tarogong Kidul. Kawasan tersebut didorong menjadi tempat wisata baru dengan menyiapkan fasilitas penunjang yang mampu menarik pengunjung untuk berwisata secara nyaman dan aman.

“Saya komitmen, bahwa ini akan dapat bantuan dari Pemerintah Kabupaten Garut, masukan dalam RPTK (Rencana Pembangunan Tahunan Kecamatan),” kata Bupati Garut Rudy Gunawan di Perkemahan Embung, Desa Cibunar, Tarogong Kidul, Garut, Minggu (20/12/2020). “Misalnya RPTK yang berhubungan dengan menjadikan (tempat) ini sebagai pusat pariwisata yang ada di Tarogong Kidul,” lanjutnya.

Ia menuturkan pemerintah telah mencanangkan kawasan embung yang tidak jauh dari perkotaan Garut menjadi wisata perkemahan yang menarik dengan menyajikan keindahan alam dan embung atau kolam buatan untuk menampung air hujan. Selama ini, lanjut dia, embung tersebut dibangun dari dana desa yang berfungsi untuk mengairi areal pertanian seluas 100 hektare di daerah itu. Menurut dia kawasan embung itu memiliki potensi lain yakni di sekitarnya bisa dijadikan bumi perkemahan yang tidak kalah menarik dengan wisata serupa di daerah lain.

Baca Juga :   Segarnya Menikmati Buah dari Pohonnya, Wisata Petik Jeruk Garut

“Kalau memang ada komitmen untuk menyerahkan bagaimana caranya lahan camping ground minimal 5.000 meter, maka kita akan buat fasilitas-fasilitasnya,” kata Bupati.

Ia menyampaikan fasilitas yang siap dibantu pemerintah daerah di antaranya membangun tempat mandi, MCK komunal yang banyak, kemudian membuat akses jalan. “Nanti pemda membebaskan (lahan untuk jalan) enggak ada masalah, ke kiri atau ke kanan satu meter, jadi ini ada tiga meter, di sini juga ada sesuatu yang kita buatkan lapang parkir,” kata Rudy.

Sumber: kompas.com

Editor: Kabar Garut

Bagikan :

Next Post

Seorang Calon Penumpang Bus di Terminal Garut Reaktif Corona, Penumpang tersebut dipulangkan petugas terminal.

Sen Des 28 , 2020
Kabar Garut – Seorang calon penumpang bus di Garut, Jabar terindikasi positif virus COVID-19. Penumpang tersebut dipulangkan petugas terminal. Kepala Terminal Guntur Malati Garut Sofyan Hidayat mengatakan, kejadian tersebut terjadi Jumat (25/12) kemarin. Calon penumpang bus tersebut diketahui merupakan seorang pria asal Garut. “Betul. Kami menemukan ada satu yang reaktif […]
error: Content is protected !!